Monday, August 18, 2014

Venus vs. Merkurius



Mengapa planet Venus yang menjadi bintang kejora, bukannya Merkurius? Bukankah Merkurius letaknya lebih dekat ke matahari daripada Venus?

Venus terlihat lebih terang karena ukurannya jauh lebih besar dibandingkan Merkurius. Selain itu Venus juga memiliki atmosfer yang bisa memantulkan cahaya matahari, sehingga ia bisa terlihat lebih terang. Jadi, ada beberapa alasan mengapa si Bintang Kejora ini lebih terang dari Merkurius.

Pertama, diameter Merkurius sekitar 4.989 km, bandingkan dengan Venus yang diameternya mencapai 12.392 km.


Kedua, tidak ada atmosfer yang menyelimuti Merkurius, sementara Venus memiliki atmosfer tebal yang tersusun dari awan karbondioksida. Awan semacam ini memiliki tingkat pemantulan atau refleksivitas yang sangat tinggi, akibatnya Venus bisa tampak bersinar sangat terang.

Ketiga, Venus dapat mendekati bumi jauh lebih dekat dibandingkan Merkurius. Sebenarnya Venus secara periodik bisa berada lebih dekat dengan bumi dibandingkan semua benda angkasa lain yang pernah dikenal, kecuali dengan bulan tentu saja. Jarak terdekat itu mencapai 25 juta mil.

Ketiga alasan itulah yang memungkinkan Venus bersinar lebih terang dibandingkan Merkurius, bahkan dengan semua planet lain dalam tata surya kita.

Karena Merkurius dan Venus lebih dekat ke matahari daripada ke Bumi, kedua planet tersebut dapat memperlihatkan fase-fase seperti pada bulan. Ketika Merkurius bersinar pada saat terang-terangnya, Merkurius akan terlihat sebagai fase bulatan hampir penuh bila dilihat melalui teleskop. Ketika Venus tampak bersinar paling terang, dalam teleskop akan terlihat tidak sebagai fase bulatan hampir penuh melainkan seperti bulan sabit.


Sumber: Buku Pintar Pengetahuan
Foto: astroblogs.nl

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...