Thursday, August 14, 2014

Pertanyaan-pertanyaan umum mengenai galaksi



Alam semesta adalah ruang terbuka luas yang terdiri dari milyaran galaksi dan bintang-bintang. Galaksi yang kita tempati disebut Bima Sakti (dalam bahasa Inggris disebut Milky Way). Sistem tata surya kita, yang berisikan Matahari, planet-planet dan bulan-bulan yang mengitarinya, hanyalah bagian yang sangat kecil dari Bima Sakti.

1.        Bagaimana Alam Semesta terbentuk?
Jagat raya lahir lebih dari 15 milyar tahun yang lalu. Saat ini diyakini bahwa alam semesta awalnya merupakan sebuah bola api yang sangat kecil. Bola api ini kemudian membesar dan semakin membesar hingga pada suatu saat dia meledak, dan kemudian membentuk alam semesta yang saat ini kita kenal.
2.        Sebesar apakah Alam Semesta?
Tidak seorang pun yang tahu pasti, seberapa besar alam semesta kita. Setidaknya ada 100 milyar galaksi yang sampai saat ini kita ketahui. Meskipun demikian, angka ini terus bertambah seiring berkembangnya teleskop yang lebih baik dan galaksi yang kita lihat pun semakin bertambah banyak.

3.        Apakah yang dimaksud dengan galaksi?
Galaksi adalah sebuah kumpulan yang berisikan milyaran bintang, debu angkasa, dan gas yang berkelompok akibat gaya gravitasi. Galaksi bisa berdiri sendiri ataupun berada dalam kumpulan yang disebut cluster atau gugus. Ada berbagai bentuk dan ukuran galaksi. Para ilmuwan telah mengelompokkan bentuk galaksi menjadi spiral, elips (oval), dan tidak beraturan.
4.        Mengapa galaksi kita disebut Milky Way dalam bahasa Inggris?
Terjemahan bebas dari Milky Way dalam bahasa Indonesia adalah Jalur Susu. Sementara orang Indonesia sendiri memiliki sebutan khusus bagi galaksi kita yaitu Bima Sakti. Orang-orang Inggris menyebutnya Milky Way karena dalam mitologi Yunani dan Romawi Kuno, dipercaya bahwa Dewi Hera (atau juga disebut Juno) menyemprotkan susu di langit dan jejak yang tertinggal berupa jalur putih di langit disebut “sungai susu”. Orang-orang Roma menyebutnya Via Lactea atau ‘jalan yang terbuat dari susu’. Begitulah sejarahnya mengapa galaksi ini disebut Milky Way.
5.        Apakah Bima Sakti merupakan bagian dari gugusan galaksi?
Bima Sakti dan tiga galaksi tetangganya merupakan bagian dari gugusan galaksi yang disebut Kelompok Lokal atau Local Group (karena kelompok ini merupakan kelompok yang terdekat dengan Bumi). Tiga galaksi tetangga itu adalah Andromeda, Awan Magellan Besar, dan Awan Magellan Kecil. Dari 35 galaksi yang menjadi anggota Kelompok Lokal, hanya ketiga galaksi inilah yang bisa dilihat dengan mata telanjang.
6.        Benarkah galaksi kita sedang menuju tabrakan?
Kadangkala, galaksi-galaksi bertabrakan satu sama lain akibat adanya gaya gravitasi. Namun bintang-bintang yang ada di dalamnya letaknya terlalu jauh satu sama lain sehingga tidak mengakibatkan kerusakan yang berarti. Galaksi kita sendiri, yakni Bima Sakti, saat ini sedang berada di jalur tabrakan dengan galaksi Andromeda. Tabrakan ini akan terjadi sekitar lima milyar tahun lagi, dan keduanya kemudian akan membentuk sebuah galaksi yang berbentuk elips atau oval.
7.        Apakah yang dimaksud dengan Teori Ledakan Besar?
Teori Ledakan Besar, atau Big Bang Theory, adalah teori yang menyatakan bahwa alam semesta yang kita kenal saat ini tercipta setelah sebuah ledakan besar. Georges Lemaitre mengajukan teori ini pada tahun 1927, dan pada tahun 1929 Edwin Hubble meneruskan teori ini.
8.        Galaksi manakah yang terbesar?
Para ilmuwan tidak tahu persis galaksi manakah yang terbesar di alam semesta. Galaksi terbesar saat ini yang kita ketahui adalah galaksi-galaksi berukuran raksasa berbentuk elips yang terletak di tengah-tengah keseluruhan kelompok galaksi-galaksi. Salah satu yang terbesar berada di pusat galaksi yang berada di gugus Abell 2029.
9.        Sebesar apakah galaksi Bima Sakti?
Bima Sakti berukuran besar sekali. Matahari membutuhkan waktu sekitar 250 juta tahun untuk sekali mengorbit mengitari pusat Bima Sakti.
10.    Apakah yang disebut dengan Messier Object 31?
Galaksi Andromeda juga disebut dengan Messier Object 31 atau disingkat M31. Ukuran Andromeda lebih dari dua kali besar Bima Sakti. Meskipun begitu, M31 bukanlah galaksi terbesar yang pernah kita ketahui.


Sumber: The Great Book of Questions and Answers

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...