Wednesday, November 11, 2020

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berbaring di atas tempat tidur dengan buku pelajaran matematika di tangannya mengeluh betapa panasnya kamar itu. Sementara itu, Iwan, yang sedang duduk di depan komputer sedang mengerutkan keningnya berusaha mengetik tugas matematika yang harus dikumpulkan esok. Iwan pun sebenarnya sudah tidak tahan lagi dengan panas di kamar itu, namun tugas itu butuh konsentrasi dan ia, walaupun statusnya adalah pemilik kamar, malas untuk bangkit dari kursinya. Sudah tiga jam kedua sahabat karib itu berusaha mengerjakan tugas-tugas matematika yang sulit, dan di titik ini mereka sudah dalam posisi enggan beranjak dari tempatnya masing-masing.

Beberapa saat kemudian, ketika cuaca semakin terasa panas, Andi dan Iwan sama-sama melirik ke atas lemari pakaian di mana sebuah kipas angin bertengger dengan gagahnya. Tanpa disadari, keduanya lalu saling berpandangan. Keduanya paham bahwa untuk meredakan suasana panas di kamar itu, kipas angin itu harus dinyalakan. Tapi tidak ada satu pun dari mereka yang mau beranjak dari tempatnya masing-masing. Tanpa sadar, secara berbarengan mereka mengatakan “kamu aja, deh, yang nyalain kipasnya …”

Tahukah kamu, bahwa ada sebutan untuk situasi semacam itu, dimana dua orang saling berpandangan, dua-duanya mengerti bahwa harus ada yang dilakukan untuk mengubah sesuatu atau menyelesaikan masalah, namun dua-duanya sama-sama enggan untuk melakukannya?

Situasi itu disebut “mamihlatinatapai” dan sampai sekarang saya belum menemukan padanan kata yang tepat dalam bahasa Indonesia untuk kata itu.

Mamihlatinatapai adalah kata dalam bahasa Yagan (atau Yaghan) yang merupakan bahasa asli suku Yaghan yang tinggal di Tierra del Fuego, sebuah kepulauan di ujung selatan wilayah Amerika Selatan. Sayangnya bahasa ini adalah bahasa yang hampir punah. Penuturnya semakin sedikit. Sementara itu, bahasa Yaghan ini juga merupakan bahasa yang terisolasi, dalam artian bahasa ini tidak memiliki keterkaitan dengan bahasa-bahasa yang lain.

Nah, adakah di antara kalian yang bisa menemukan padanan kata untuk “mamihlatinatapai” ini dalam bahasa Indonesia?  

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...