Monday, April 22, 2013

OTOT MANAKAH YANG PALING KUAT DI TUBUH MANUSIA?


Gluteus Maximus
Ada beberapa otot yang bisa dianggap sebagai otot terkuat pada tubuh manusia. Karena pengertian “terkuat” bisa beragam, maka sulit untuk memilih otot mana yang dianggap sebagai otot terkuat. Otot-otot yang acapkali dianggap sebagai otot yang terkuat adalah lidah, soleus (otot yang terletak di bagian belakang betis, antara belakang lutut sampai tumit), masseter (otot rahang), gluteus maximus (otot pada bokong/pantat), otot jantung, otot eksternal pada mata, dan otot rahim.
            Banyak orang yang menganggap lidah sebagai otot yang terkuat di tubuh, meskipun sebenarnya lidah bukanlah otot tunggal melainkan sekumpulan otot. Alasannya, karena lidah nyaris tidak pernah berhenti bekerja dan memiliki daya tahan yang luar biasa. Lidah digunakan ketika seseorang makan dan minum, mendorong makanan dan cairan melalui mulut masuk ke dalam tenggorokan. Otot pesaing lainnya sebagai otot terkuat yakni otot rahang juga terletak di mulut. Otot rahang atau masseter ini mengendalikan kekuatan rahang selama proses mengunyah dan menggigit dan memiliki kekuatan absolut yang terbesar dibandingkan otot lainnya di tubuh. Otot rahang bisa menghasilkan daya gigit sebesar 90,7 kg.

            Gluteus maximus merupakan otot terbesar di tubuh dan sering disebut sebagai otot terkuat karena otot ini merupakan otot primer yang menjaga agar tubuh tetap tegak ketika manusia berjalan. Jika gluteus maximus seseorang cedera, dia akan berjalan dengan postur yang merosot. Sebaliknya, ada otot pada mata yang merupakan salah satu otot terkecil pada tubuh. Meskipun ukurannya kecil, otot mata sering diangap sebagai salah satu otot terkuat di tubuh sebab memiliki daya tahan dan sifat kekuatan elastis yang memungkinkannya untuk mengerahkan daya secara cepat. Dinamika kekuatan otot mata, yang pada dasarnya merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan berulang, juga sangat kuat. Otot-otot eksternal pada mata berkerja secara konstan, menggerak-gerakkan mata nyaris nonstop selama seharian penuh.
            Hanya kaum perempuan yang memiliki otot rahim, yakni kelompok otot yang jika digabungkan bisa dianggap sebagai otot terkuat dalam tubuh. Otot-otot rahim ini digunakan selama melahirkan dan bertanggung jawab dalam upaya mendorong bayi keluar melalui saluran kelahiran. Jumlah kekuatan absolut dan kekuatan elastis yang dihasilkan oleh otot rahim sangatlah luar biasa, namun tidak pernah sering digunakan.
            Otot yang sering digunakan adalah jantung, yang memiliki daya tahan kekuatan yang lebih besar daripada otot lain dalam tubuh. Jantung sering dianggap sebagai otot terkuat dalam tubuh sebab menjadi otot yang paling keras kerjanya di dalam tubuh. Jantung tidak pernah berhenti bekerja dari sejak lahir sampai mati, memompa sekitar 2 milyar kali sepanjang hidup seorang manusia. 


Diterjemahkan dari wisegeek.com

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...