Tuesday, March 26, 2013

SIAPAKAH KAPTEN JACK SPARROW?



Kapten Jack Sparrow adalah tokoh utama dalam rangkaian film buatan Disney yang berjudul The Pirates of the Carribean. Tetralogi film ini terdiri dari The Curse of the Black Pearl (2003), Dead Man’s Chest (2006), At World’s End (2007), dan On Stranger Tides (2011). Konon seri kelima film ini juga tengah dibuat. Sebagian film ini didasarkan pada wahana di Disneyland yang bernama sama dan telah menjadi wahana klasik sejak taman hiburan tersebut dibuka.
Kapten Jack Sparrow diperankan oleh Johnny Depp, yang mendapatkan nominasi Oscar dan pujian atas penampilannya. Depp menjadi aktor pertama yang dinominasikan karena bermain dalam film buatan Disney, dan merupakan satu dari sedikit artis yang masuk ke dalam nominasi karena bermain dalam film komedi. Depp mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh Keith Richard, gitaris band Rolling Stone, ketika menampilkan sosok Kapten Jack Sparrow dan ia membayangkan bahwa bajak laut tentulah setara dengan bintang musik rock. Sosok ini jauh dengan bayangan sutradara film ketika ia meng-casting Depp sebagai tokoh utama: ia mengharapkan sosok Sparrow lebih mirip dengan Errol Flynn, dengan beberapa parodi untuk versi komedi. Johnny Depp sepenuhnya mengambil alih tokoh itu dan muncullah Kapten Jack Sparrow seperti yang kita kenal sekarang.
Konon Kapten Jack Sparrow lahir di British Colonial India dan bekerja selama beberapa tahun di perusahaan dagang dan kapal dagang. Ia menjadi bajak laut lebih karena terpaksa ketimbang karena memilih untuk menjadi bajak laut ketika ia membebaskan sekelompok budak dan dicap sebagai penghianat oleh Cutler Beckett, seorang aristokrat kaya yang kadang-kadang menyewa Jack Sparrow untuk melakukan pekerjaan kotor. Pada akhirnya Kapten Jack Sparrow menjadi pimpinan kapal The Black Pearl, sebuah kapal yang ia gunakan dalam perjalanan dan petualangannya. Sebuah kutukan yang dijatuhkan pada anak buah Jack Sparrow yang melakukan pemberontakan membuat mereka menjadi mayat hidup, sebuah fakta yang baru tersingkap di akhir cerita film pertama.
Kapten Jack Sparrow mengenakan semacam pakaian bajak laut yang sedikit didramatisir. Warna dan bahan pakaian itu berbeda-beda sedikit di setiap film, namun hanya mata yang terlatih yang bisa menemukan perbedaannya. Jack Sparrow menggimbal rambutnya, berjanggut seperti kambing, dan memakai beberapa perhiasan, antara lain empat cincin, dua sabuk dengan berbagai pernak-pernik,  dan beberapa tulang hewan/manusia di sekitar leher dan pinggangnya. Kapten Jack Sparoow juga memiliki sebuah kompas yang, alih-alih menunjuk ke arah utara, menunjuk ke arah hasrat atau keinginan terbesar dari sang pemilik. Kompas tersebut merupakan bagian yang sangat penting dalam film pertama sebab membantu tokoh-tokoh di dalam film itu untuk menemukan tempat harta karun yang mengungkapkan identitas Jack Sparrow yang sebenarnya.
Kapten Jack Sparrow paling terkenal karakteristik cara jalannya yang angkuh, yang seringkali digambarkan seperti orang yang sedikit mabuk. Cara bicaranya tidak jelas dan ia tampaknya selalu berada dalam keadaan terdisorientasi (tak kenal arah) dan kebingungan yang bisa dikaitkan dengan kesukaannya meminum rum, tapi tampaknya hal ini merupakan bagian dari sosoknya yang berlebihan.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...