Tuesday, March 26, 2013

BAHAN MIKA


Mika adalah sebuah contoh mineral silikat lembaran yang bisa digunakan dalam sejumlah penerapan yang berbeda.Selain sebagai sebuah elemen dalam pembuatan lembaran jendela maupun gelas yang sangat resisted terhadap variasi suhu, mika juga bisa digunakan dalam sejumlah peralatan dan perlengkapan elektronik. Dahulu mika pernah dianggap sebagai material yang langka, tapi kini harganya bisa dikatakan murah sejak ditemukannya sejumlah kandungan mika di Afrika dan Amerika Selatan pada abad ke-19.
Diduga, nama mika untuk mineral ini diambil dari kata micare  dalam bahasa Latin yang merujuk pada penampilannya yang gemerlapan. Mika termasuk mineral yang cenderung mempertahankan kemilaunya di bawah cahaya langsung. Selain digolongkan sebagai sebuah silikat, mika juga digolongkan sebagai mineral yang memperlihatkan sifat monoklinik yang mirip dengan kristal.
Karena mika ditemukan di beberapa formasi batuan yang berbeda, harganya jauh lebih rendah dibandingkan di masa lalu. Penemuan simpanan yang besar di Amerika Selatan dan Afrika pada tahun 1800an segera disusul oleh temuan-temuan lain di dunia. Saat ini, India dianggap sebagai pemilik jumlah terbesar dari mineral ini. China juga menduduki peringkat yang tinggi sebagai produsen mika untuk berbagai kegunaan, dan negara-negara seperti Korea Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat juga menjadi negara sumber mika yang lumayan besar.
Mika bisa digunakan dengan berbagai cara. Mineral ini bisa dipress menjadi lembaran yang dipakai sebagai pengganti lembaran kaca. Karena sifatnya yang memiliki toleransi tinggi terhadap perubahan suhu, mika cocok untuk rumah kaca dan elemen-elemen pada pintu maupun jendela yang warna-warni. Mika putih bubuk dipakai dalam sejumlah formula pasta gigi dan juga berbagai konduktor elektronik dalam kabel daya. Karena mineral ini ditemukan di berbagai belahan dunia, tampaknya mika bisa diadaptasi untuk berbagai aplikasi lain di masa depan.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...