Wednesday, March 27, 2013

DIET BERJALAN SELAMA LEBARAN


Di saat hari Lebaran, begitu banyak hidangan yang disajikan. Kalau tak punya strategi memilih hidangan, rem mengendalikan nafsu makan bisa blong. Ada baiknya Anda simak beberapa kita di bawah ini sebelum berangkat bersilaturahmi.

Untuk kunjungan informal
  • Minumlah segelas susu nonlemak dengan sedikit gula atau makan buah-buahan segar yang kandungan airnya tinggi sebelum berangkat bertandang. Maksudnya, agar saat bersilaturahmi perut tidak dalam keadaan lapar.
  • Apabila sajian yang dihidangkan berupa kue-kue, mintalah lebih dulu air putih atau teh tanpa gula. Baru setelah itu ambil kacang sesendok makan dan kue kering satu atau dua potong. Usahakan menolak secara halus suguhan berupa cake. Yang penting, hidupkan komunikasi dengan tuan rumah.
  • Kalau dipersilakan makan, ambillah ketupat atau lontong sekitar 4-5 potong kecil saja dengan lauk dua macam ditambah sayur. Kalau makanan berkuah atau bersaus, ambil sedikit saja. Untuk makanan penutup, pilih buah segar sekadarnya.

Untuk kunjungan formal
  • Sebelum berangkat, isi perut dengan makanan berkalori rendah, seperti susu nonlemak atau buah segar.
  • Jika ikut antre mengambil makanan, cepat cermati makanan yang disediakan dan putuskan makanan yang akan dipilih agar tidak menghambat orang lain yang berada di belakang Anda.
  • Hindarkan memilih makanan berlemak, macam-macam saus, vla manis. Perbanyaklah sayuran, selain sehat, juga agar kelihatan tidak sedang diet dan memberi kesan Anda makan banyak.
  • Jangan terbawa arus untuk ikut-ikutan mengambil makanan dalam jumlah banyak karena melihat orang lain juga melakukannya.
  • Apabila jamuan dilakukan di rumah Anda sendiri, tak ada salahnya para tamu dipersilakan membawa pulang makanan yang tersedia seusai pesta. Dengan demikian, Anda terhindar dari godaan untuk makan enak berlebihan. (Wildan)

Sumber: Intisari

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...