Monday, March 18, 2013

BAGAIMANA CARANYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANDA?


20 Tips dari Psikologi untuk menggenjot kreativitas
Oleh: Kendra Cherry, About.com Guide

Menurut psikolog kognitif Robert J. Sternberg, secara luas kreativitas bisa didefinisikan sebagai “... proses memproduksi sesuatu yang orisinil dan bermanfaat”. Kreativitas adalah menemukan cara baru untuk memecahkan masalah dan menemukan pendekatan baru terhadap sebuah situasi. Kemampuan ini bukanlah kemampuan yang hanya dimiliki oleh seniman, musisi ataupun penulis; kreativitas adalah sebuah kemampuan bagi semua orang. Apabila Anda ingin menggenjot kreativitas Anda, tips-tips berikut bisa membantu.
1.             Berkomitmenlah untuk Mengembangkan Kreativitas Anda
Langkah pertama adalah mencurahkan seluruh kemampuan Anda untuk mengembangkan kemampuan kreatif. Jangan menyerah di tengah jalan. Tentukan tujuan Anda, mintalah masukan dari orang lain dan luangkan waktu setiap hari untuk mengembangkan kemampuan Anda.
2.             Jadilah Seorang Pakar
Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kreativitas adalah dengan menjadi seorang yang ahli di bidang terkait. Dengan memiliki pemahaman yang kaya atas sebuah topik, Anda akan mampu memikirkan solusi masalah yang baru atau inovatif dengan lebih baik.
3.             Hargailah Rasa Keingintahuan Anda
Salah satu penghambat umum dalam mengembangkan kreativitas adalah adanya anggapan bahwa sifat ingin tahu hanyalah dorongan hasrat iseng semata. Alih-alih menghambat rasa ingin tahu itu, hargailah diri Anda ketika Anda merasa penasaran akan sesuatu. Berikan peluang kepada diri Anda untuk menjelajahi topik-topik baru.

4.             Sadarilah Bahwa Kreativitas Itu Sendiri Adalah Sebuah Anugerah
Menghargai diri sendiri itu penting, tapi penting juga untuk mengembangkan motivasi intrinsik. Kadangkala, hadiah sejati dari kreativitas adalah prosesnya, bukan hasilnya.
5.             Beranilah Mengambil Resiko
Ketika tiba saatnya membangun kemampuan kreatif, Anda harus mau mengambil resiko untuk meningkatkan kemampuan Anda. Meskipun setiap saat upaya yang Anda lakukan bisa saja mengarah kepada kegagalan, Anda sebenarnya tetap bisa meningkatkan bakat kreatif Anda dan membangun kemampuan yang berguna bagi Anda di masa depan.
6.             Bangkitkan Rasa Percaya Diri
Rasa tidak percaya pada kemampuan Anda sendiri bisa menghambat kreativitas, oleh karena itu penting bagi Anda untuk memupuk rasa percaya diri. Buatlah catatan mengenai kemajuan yang telah Anda capai, pujilah usaha yang telah Anda lakukan, dan selalu cari cara untuk menghargai kreativitas Anda.
7.             Luangkan Waktu untuk Kreativitas
Anda tidak akan bisa mengembangkan bakat kreativitas jika Anda tidak meluangkan waktu untuknya. Jadwalkan waktu di setiap minggu untuk berkonsentrasi terhadap beberapa jenis proyek kreatif.
8.             Atasi Sikap-sikap Negatif yang Bisa Menghambat Kreativitas
Berdasarkan hasil penelitian di tahun 2006 yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, mood positif bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir secara kreatif. Menurut Dr. Adam Anderson, penulis senior dalam penelitian tersebut, “Jika Anda melakukan sesuatu yang mensyaratkan Anda harus jadi kreatif atau jadi think tank, Anda harus berada di sebuah tempat dengan mood yang baik.” Fokuslah untuk menghilangkan pikiran negatif atau kritik terhadap diri sendiri yang bisa melemahkan kemampuan Anda dalam mengembangkan kemampuan kreatif yang kuat.
9.             Lawanlah Ketakutan Akan Kegagalan
Ketakutan bahwa Anda akan membuat kesalahan atau gagal dalam usaha bisa menghentikan kemajuan Anda. Kapan pun Anda merasakan hal tersebut, ingatkan diri Anda bahwa kesalahan hanyalah bagian kecil dari sebuah proses. Meskipun kadang-kadang Anda tersandung di jalan ke arah kreativitas, pada akhirnya Anda toh akan mencapai tujuan Anda.
10.         Bertukar Pikiran akan Mengilhami Gagasan Baru
Brainstorming atau bertukar pikiran merupakan teknik umum baik di lingkungan akademis maupun di tempat kerja. Teknik ini juga bisa menjadi sarana yang baik untuk mengembangkan kreativitas Anda. Mulailah dengan menunda penghakiman dan kritik, lalu mulailah menuliskan gagasan-gagasan yang berkaitan dengan sebuah masalah dan juga kemungkinan solusi-solusinya. Tujuannya adalah untuk memunculkan sebanyak mungkin gagasan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Langkah selanjutnya, pusatkan perhatian untuk mengklarifikasi dan menyaring gagaran-gagasan Anda untuk menemukan pilihan yang terbaik.
11.         Sadarilah bahwa Sebagian Besar Masalah Punya Beragam Solusi
Apabila Anda akan melakukan pendekatan terhadap sebuah masalah, cobalah untuk mencari ragam solusi. Alih-alih melaksanakan gagasan pertama yang muncul di benak Anda, sempatkanlah untuk memikirkan cara lain untuk melakukan pendekatan terhadap situasi itu. Kegiatan sederhana ini merupakan cara yang sangat baik untuk membangun kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif.
12.         Buatlah Sebuah Buku Catatan Kreatif
Mulailah menulis sebuah buku catatan untuk merunut proses kreatif Anda dan melacak gagasan-gagasan yang telah Anda hasilkan. Buku catatan adalah cara terbaik untuk meninjau kembali apa yang telah Anda capai dan mencari peluang solusi. Buku catatan ini bisa digunakan untuk menyimpan gagaran-gagasan yang kelak menjadi inspirasi di masa mendatang.
13.         Buatlah Sebuah Peta Gagasan
Peta gagasan (mind map) adalah cara yang baik untuk menghubungkan ide-ide dan mencari jawaban inovatif atas pertanyaan-pertanyaan. Ciptakan peta benak dengan cara menuliskan sebuah topik atau kata inti. Berikutnya, kaitkan istilah-istilah atau gagasan-gagasan di sekitar kata inti tersebut. Hampir sama seperti brainstorming, teknik ini juga memungkinkan pencabangan gagasan dan menawarkan sebuah cara yang tampak nyata untuk mencari bagaimana gagasan-gagasan tersebut saling terhubung.
14.         Tantanglah Diri Sendiri
Jika Anda telah berhasil membangun beberapa kemampuan kreatif dasar, penting untuk terus melakukan tantangan kepada diri Anda sendiri untuk mengembangkan kemampuan yang telah Anda miliki. Temukan pendekatan-pendekatan yang lebih rumit, cobalah hal-hal baru, dan hindarilah memakai solusi yang telah Anda pakai di masa lalu.
15.         Cobalah Teknik “Six Hats
Teknik “Six Hats” atau teknik “Enam Topi” melibatkan upaya penjajakan terhadap sebuah masalah dari enam perspektif yang berbeda. Dengan melakukan teknik ini, Anda bisa menghasilkan lebih banyak lagi gagasan dibandingkan jika Anda hanya melihatnya dari satu atau dua sudut pandang.
-          Red Hat atau Topi Merah: Lihatlah situasinya secara emosional. Apa yang Anda rasakan mengenai situasi itu?
-          White Hat atau Topi Putih: Lihatlah situasinya secara objektif. Apa fakta yang ada?
-          Yellow Hat atau Topi Kuning: Gunakan sebuah perspektif positif. Unsur solusi mana yang bisa berhasil?
-          Black Hat atau Topi Hitam: Gunakan sebuah perspektif negatif. Unsur solusi mana yang akan gagal?
-          Green Hat atau Topi Hijau: Berpikirlah secara kreatif. Adakah ide-ide alternatif?
-          Blue Hat atau Topi Biru: Berpikirlah secara luas. Solusi apa yang secara keseluruhan merupakan solusi terbaik?
16.         Carilah Sumber-sumber Inspirasi
Jangan pernah berharap bahwa kreativitas bisa terjadi begitu saja. Carilah sumber-sumber inspirasi baru yang bisa memberikan ide-ide segar dan memotivasi Anda untuk mencari jawaban-jawaban unik terhadap permasalahan yang ada. Baca buku, kunjungi museum, dengarkan musik favorit Anda, atau terlibatlah dalam debat yang hidup dengan teman Anda. Manfaatkan strategi atau teknik apapun yang paling sesuai dengan diri Anda.
17.         Ciptakan Peluang untuk Kreativitas
Selain mencari inspirasi, Anda juga harus menciptakan peluang untuk kreativitas Anda sendiri. Upaya ini bisa melibatkan penanganan sebuah proyek baru atau menemukan alat baru yang bisa digunakan dalam proyek yang sedang Anda pegang saat ini.
18.         Pertimbangkan Skenario-Skenario Alternatif
Pada saat melakukan pendekatan terhadap sebuah masalah, gunakan pertanyaan “bagaimana jika seandainya ...” untuk mempertimbangkan setiap peluang skenario. Jika Anda mengambil pendekatan yang spesifik, apa hasil yang bisa Anda peroleh? Dengan cara melihat alternatif seperti ini, Anda akan mengembangkan solusi kreatif atas sebuah masalah dengan lebih baik.
19.         Buatlah Bagan Alir
Ketika Anda sedang mengembangkan sebuah proyek baru, mulailah dengan membuat sebuah bagan alir untuk merunut gambaran proyek tersebut dari awal sampai akhir. Carilah berbagai alur atau urutan rangkaian peristiwa yang mungkin terjadi. Bagan alir bisa membantu Anda memvisualkan hasil akhir, menghilangkan potensi-potensi masalah, dan menciptakan solusi unik.
20.         Cobalah Teknik Bola Salju
Apakah Anda pernah menyadari bahwa satu gagasan besar secara langsung seringkali memunculkan gagasan besar lainnya? Anda bisa mengambil manfaat dari hal ini dengan menggunakan “teknik bola salju” dalam memunculkan ide-ide bagi proyek Anda. Jika sebuah ide dirasa tidak pas untuk kerja Anda saat ini, simpanlah untuk pekerjaan Anda berikutnya atau terapkan di sebuah proyek Anda di masa mendatang.


Daftar Pustaka:
Armstrong, A. (2006, December 19). Happy emotions boost creativity. ABC News.
Nickerson, R.S. (1999). "Enhancing Creativity", in ed. Sternberg, R.J.: Handbook of Creativity. Cambridge University Press.
Sternbert, R.J. (2003). Cognitive Psychology. Wadworth.


Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...