Sunday, March 4, 2012

SITKOM DI LUAR ANGKASA


Seberapa jauh sinyal televisi bumi dan radio bumi dapat dideteksi di luar angkasa?

Kecepatan cahaya terlihat sangat lamban bila Anda membicarakan komunikasi antargalaksi. Siaran gelombang FM dan program-program televisi sejak dahulu, katakanlah, setengah abad lama penyiaran, telah mencapai jarak 50 tahun cahaya atau sekitar 294 trilyun mil dari bumi.
Bintang terdekat berjarak sekitar empat tahun cahaya dari bumi, dan terletak pada tatanan ribuan bintang dalam kisaran jarak 50 tahun cahaya. Jadi, episode-episode awal I Love Lucy sampai di sistem bintang baru pada kecepatan sekitar satu sistem per hari.
Andaikan ada peradaban di ujung penerima siaran tadi, akan diperlukan antena berukuran sangat besar agar dapat menerima siaran tersebut, yakni seukuran kota Manhattan. Para ilmuwan mengatakan bahwa hal itu dapat dilakukan. Tetapi kesempatan bahwa salah satu bintang terdekat memiliki semacam peradaban, barangkali terlalu berlebihan.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...