Sunday, March 4, 2012

BERSINARLAH HARVEST MOON


Apakah harvest moon bersinar paling terang di antara bulan purnama lainnya?

Biasanya, harvest moon pertengahan September tidak lebih terang dibandingkan bulan purnama lainnya, tetapi memang bersinar lebih lama beberapa jam.
Pada musim dingin, jalur orbit bulan dan jarak penglihatan di langit akan bergabung, sehingga bulan tetap berada di horison selama panjang waktu yang tidak biasa pada saat bulan purnama dan sehari sesudahnya.
Terangnya bulan ditentukan oleh banyaknya sinar matahari yang jatuh ke bulan, sebenarnya konstan; tetapi seberapa terang sinarnya akan tergantung dari mana kita melihatnya, terlihat sebagai bulan sabit hingga bulan penuh, dan tergantung seberapa tingginya di atas langit. Semakin tinggi letak bulan di langit, semakin banyak cahaya yang kita lihat, karena memiliki jalur yang lebih pendek menembus debu dan asap atmosfer.
Pada tahun 1997, harvest moon terjadi tanggal 15 September adalah bulan penuh yang paling terang pada tahun itu, dengan garis tepi yang kecil—karena berada dalam jarak beberapa jam perigee, jarak bulan terdekat ke bumi. Perbedaan jarang jangkauan bulan terdekat dengan titik yang paling jauh sekitar 12-13%. Harvest moon tanggal 15 September 1997 juga merupakan bulan purnama terbesar dalam ukuran anguler; atau diameter yang tampak ialah 32 atau 33 busur/menit. Normalnya adalah 30 busur/menit.
Jarak bumi-bulan yang bervariasi adalah penyebab kadang-kadang terjadi gerhana matahari, yaitu ketika bulan sepenuhnya menghalangi matahari, dan terkadang terjadi gerhana matahari anuler, dengan cincin cahaya yang tampak di sekeliling bulan.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...