Sunday, March 4, 2012

SINYAL SETI


Dalam pencarian mahluk luar angkasa yang memiliki intelegensia, atau SETI, jenis sinyal apa yang dianggap sebagai bukti transmisi dari kehidupan mahluk yang cerdas? Bagaimana para ilmuwan akan meresponnya?

Transmisi seperti itu bentuknya dapat bermacam-macam, tapi mungkin memiliki kode rumus-rumus matematis. Jawaban akan tergantung pada isi transmisi yang diterima; boleh jadi jawabannya tidak dibuat oleh para ilmuwan melainkan datang dari hasil konsultasi internasional yang ekstensif.
Sedangkan untuk pembuktian, ciri-ciri utama yang membedakan sinyal-sinyal yang dihasilkan untuk transmiter dengan yang diproduksi, karena proses-proses alami spektrumnya lebar—yakni seberapa banyak ruang pada piringan radio yang diterima. Sepanjang yang diketahui oleh para ilmuwan; sinyal dengan lebar gelombang kurang dari 300 hertz dihasilkan secara artifisial.
Karakteristik yang dapat menjadi petunjuk barangkali adalah informasi yang disandikan, seperti pesan yang dipancarkan teleskop Arabico pada tahun 1974, yang menyertakan data seperti lokasi pengirim (planet ketiga dari matahari). Uji penting lainnya adalah mengkonfirmasikannya dengan sinyal serupa dari teleskop radio lainnya.
Setelah dikonfirmasi, penemuan tersebut akan diumumkan sesuai rencana yang telah disusun oleh badan angkasa luar internasional. Mula-mula komunitas ilmuwan akan diberitahu melalui Persatuan Astronomi Internasional dan PBB. Kemudian otoritas internasional akan menyusun jawaban sebagai respon terhadap transmisi tadi.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...