Sunday, March 4, 2012

BINTANG SELATAN


Apa yang dipakai sebagai bintang kutub di belahan bumi bagian selatan? Di mana para navigator bisa melihat bintang utara?

Benda terdekat dengan bintang selatan untuk menunjukkan arah selatan ekuator adalah sepasang bintang di lintang selatan, yakni Crux Australis (para pakar astronomi menyebutnya Crux saja). Alfa Crucis (Bintang Crux yang paling terang) dan Gamma Crucis (bintang ketiga yang paling terang) menunjukkan arah kutub selatan dari langit.
Lintang selatan yang mencolok, terdiri dari empat bintang yang terlihat lebih terang dan membentuk sebuah salib atau layang-layang, serta berada di langit dengan sudut 68 derajat persegi. Area yang ditentukan oleh lintang selatan memiliki ciri-ciri menarik lainnya, khususnya Coalsack Nebula, yang tampak seperti noda kosong bundar di langit—sebenarnya adalah awan debu bermuatan gas yang menghalangi latar belakang cahaya bintang-bintang, dan kelompok bintang Jewel Box (kotak perhiasan), ditandai NGC 4755, yaitu kelompok bintang terbuka yang terdiri lebih dari seratus bintang yang mengelilingi Kappa Crucis. Kappa Crucis tampak berwarna merah terang bila dilihat melalui teleskop sederhana.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...