Sunday, March 4, 2012

MENGAPA DARAH DAPAT MEMBEKU SENDIRI?


Di mana-mana dalam tubuh Anda terdapat semacam “sungai” yang mengalir terus dan sungai itu disebut sebagai “pembuluh darah”. Sementara, di dalam sungai itu tak henti-hentinya mengalir “air sungai” berwarna merah yang dinamakan darah.
Bilamana di bagian kulit Anda yang mana saja terdapat luka tergarut, di sana pula darah berwarna merah akan merembes ke luar. Namun anehnya, darah itu setelah keluar dari dalam kulit dapat segera membeku sendiri dan dengan demikian menutup “celah tanggul” bagian kulit yang terbuka tadi.
Bahwasanya darah dapat secara otomatis menutup “celah tanggul” itu adalah karena di dalam darah terdapat trombosit yang tak terbilang jumlahnya.
Trombosit dan sel darah putih hanya merupakan 0,5% dari jumlah total darah dalam tubuh manusia. Namun trombosit teramat lembut dan merupakan yang terkecil dalam sel darah. Satu milimeter kubik darah mengandung trombosit sebanyak 100-300 ribu.
Cara trombosit menyentuh luka pada kulit juga sangat menarik. Begitu mengalir keluar dari pembuluh darah, segera ia memecah-belah dan mengeluarkan faktor trombosit dan trombokinase plasma yang dengan bantuan ion kalsium dapat mengadakan saling aksi dan membentuk trombokinasi. Dan setelah adanya saling aksi ion kalsium dan trombokinase, maka protombin dalam darah berubah menjadi trombin yang sedikit jumlahnya; sedangkan fibrinogen dalam plasma setelah mengalami saling aksi trombin dan faktor trombosit, maka berubahlah ia menjadi fibrin yakni zat padat berurat jala. Fibrin ini tak ubahnya dengan “semen” dalam tubuh manusia. Ia dapat segera membeku menjadi serat satu per satu yang halus dan panjang. Begitulah, fibrin itu silang menyilang dan bertumpukan sehingga pada akhirnya mampu menutup “celah tanggul” dan darah tidak lagi mengalir ke luar. Setelah lewat beberapa hari, menggumpallah ia menjadi keropeng luka yang keras.
Trombosit bukan hanya dapat menyembuhkan luka tergarut pada kulit, akan tetapi juga mampu memperbaiki kerusakan yang timbul pada dinding pembuluh darah.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...