Sunday, March 4, 2012

HEMAT DI MASA KRISMON


Bingung saat belanja gara-gara harga mahal? Jangan stres! Di bawah ini ada beberapa jurus hemat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
-          Buat dan catatlah daftar belanjaan Anda. Jangan belanja barang yang tidak perlu dan tidak terdaftar.
-          Hindari obral. Membeli barang obral memang asyik, tetapi biasanya barang tak boleh dicoba atau ditukar jika sudah dibeli.
-          Hindari perut kosong saat berbelanja karena Anda cenderung mengambil beberapa makanan ringan yang belakangan malah tidak dimakan.
-          Susu instan harus dicoret kecuali untuk balita. Kalau nonbalita tidak bisa lepas dari susu, pemberiannya bisa diseling dua atau tiga kali sehari, atau seminggu sekali.
-          Ganti air mineral dalam dispenser dengan air yang dimasak sendiri. bagi yang suka teh celup, tukar dengan teh tradisional.
-          Cuci mobil dengan shampo cair atau shampo bubuk yang murah, tidak dengan shampo mobil khusus.
-          Obat nyamuk juga bisa dihindari karena harganya ikut-ikutan melonjak. Pakailah kipas angin kemudian tutup kamar rapat-rapat. Bisa juga menggunakan kelambu.
-          Hindari makanan siap santap alias instan seperti sambal atau saus tomat, keju, coklat, atau mi instan. Usahakan membuat makanan sendiri.
-          Serbuk atau cairan pencuci perabot dapur diganti dengan bahan tradisional, misalnya abu gosok.
-          Konsumsi tisu diganti dengan lap kain yang bisa dicuci ulang.
-          Makan siang di kantor diganti dengan membawa bekal dari rumah.
-          Pakailah mobil pribadi untuk keperluan yang penting-penting saja. Atau tukar dengan kendaraan lain yang lebih irit BBM. (Wildan)

Detil artikel: diambil dari majalah Intisari, September 1998

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...