Thursday, February 23, 2012

TIKUS TIDAK MUDAH DIKELABUI

Ketika malam tiba, tikus mulai sibuk meninggalkan liangnya dan berkeliaran mencari makanan. seringkali pula menemui ajalnya karena mencoba menggigit umpan yang terpasang pada perangkap tikus. Yang aneh ialah setelah seekor tikus mati terperangkap, seringkali dalam waktu yang cukup lama barulah ada tikus lain yang terkelabui oleh perangkap tikus tadi. Mengapa bisa begitu?
    Ternyata tikus setelah keluar dari liangnya selalu melakukan aktivitasnya dengan menyusuri jalur tertentu. Biasanya sambil mengendus-endus kesana kemari, hewan ini berjalan menyusuri tepi dinding atau pinggiran barang lain, lalu dengan hati-hati menuju perangkap yang telah diberi umpan. Dan tentunya tikus yang berada di depan mencium baru lezat umpan yang terpasang pada perangkap sehingga ia terkelabui dan menemui ajalnya.
    Pada saat itulah tikus yang mati itu akan mengeluarkan semacam zat kimia yang mengandung sebuah bau yang unik, bau yang seakan-akan memberi tanda kepada tikus lain: "Di sini berbahaya, jangan ke mari!" Oleh karenanya, tikus yang lain satu demi satu akan mulai meningkatkan kewaspadaannya masing-masing dan tidak lagi berjalan menuju perangkap untuk mencari makanan. Begitulah seterusnya sampai bau bangkai tikus pada perangkap tikus itu hilang sama sekali, barulah perangkap itu bisa berfungsi lagi sebagaimana mestinya.
    Baru-baru ini di luar negeri diproduksi semacam "zat aromatik tikus" yang mengeluarkan bau merangsang yang disukai oleh tikus. Jika perangkap tikus diolesi dengan zat tersebut, maka setelah menciumnya tikus akan segera meninggalkan liangnya karena mengira telah mencium sebuah makanan yang lezat, namun tak tahunya yang menyambutnya hanyalah sebuah bau dan ditambah sebuah "pukulan" yang tak kenal ampun.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...