Thursday, February 2, 2012

MENGAPA KUTU DAN BELALANG BISA MELOMPAT AMAT TINGGI?

Kutu (Pulex) atau pinjal sering disebut-sebut sebagai "juara lompat" di dunia hewan. Julukan itu memang tidak berlebihan. Pada bagian dada  kutu terdapat tiga pasang kaki. Sepasang kaki belakang kutu itu kuat luar biasa dan menjadi andalan kutu dalam melakukan lompatan. Lompatan seekor kutu bisa mencapai puluhan kali lipat tinggi badan kutu itu sendiri. 

Pada saat seseorang hendak menangkap kutu, bilamana ia ragu-ragu walaupun untuk sejenak, maka kutu itu akan melompat dan kemudian menghilang tanpa diketahui lagi jejaknya. 

Belalang (Acridinae) juga pandai melompat. Seringkali belalang menggunakan kedua kaki belakangnya untuk melompat di tanah atau rerumputan. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan kutu, maka kepandaian belalang dalam hal melompat masih kalah jauh. Ketinggian belalang melompat hanya dapat melampaui tinggi badannya sendiri sebanyak beberapa kali saja atau paling banyak hanya belasan kali lipat tinggi badan belalang itu. Meskipun demikian, belalang masih tergolong binatang yang pandai melompat. 

Mengapa kedua hewan itu bisa melompat begitu tinggi?

Penyebabnya adalah otot tungkai belakang kedua hewan itu sangat berkembang. Sewaktu mereka akan melompat, maka kedua hewan itu biasanya akan menyusutkan ototnya terlebih dahulu dan kemudian melompat dengan menggunakan daya pegas yang sangat besar.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...