Thursday, February 23, 2012

ELANG PEMAKAN BULUS DAN MONYET LABA-LABA

Di Meksiko terdapat sejenis burung elang (Aquilla spp) yang suka sekali makan bulus. Tiap kali ia berhasil menangkap seekor bulus, elang ini akan terbang tinggi lagi dengan mencengkeram mangsanya kemudian melemparkan mangsanya itu dari ketinggian ke arah batu cadas yang ada di tanah. Setelah terhempas dengan keras dan cangkang bulus hancur, barulah burung elang tersebut akan memakan mangsanya  itu dengan tenang.
    Di dalam hutan hujan tropis Amerika Selatan hiduplah sejenis monyet yang disebut monyet laba-laba (Ateles spp). Lengan monyet tersebut lebih panjang dibandingkan kakinya, dan panjang ekornya melebihi panjang badannya.
    Yang aneh pada diri monyet laba-laba adalah separuh belakang ekornya tidak berbulu sama sekali. Dengan ujung ekor yang tak berbulu itulah monyet jenis ini bisa bergelayutan dengan enak di pepohonan sementara tangannya sibuk memetik dan melahap buah-buahan liar yang lezat. Selain itu, monyet laba-laba juga bisa memanfaatkan ekornya tersebut untuk memetik buah-buahan layaknya sebuah tangan tambahan.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...