Wednesday, February 29, 2012

MAKANAN APA SAJA YANG BISA MEMBUAT KITA TETAP TERJAGA?

Makanan mampu menghasilkan aliran energi seketika terutama apabila dimakan dalam porsi yang besar atau dalam kombinasi yang kaya karbohidrat. Jika suatu saat Anda butuh untuk bisa tetap terjaga, entah itu pada separuh terakhir waktu kerja ataupun harus begadang semalaman, sebaiknya Anda hanya memakan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang sehat setiap tiga jam sekali. Makanlah secara berkala sehingga tubuh Anda akan secara konstan mencerna dan mengalirkan gula secara tetap, bahkan bisa disebut deras, ke dalam sistem peredaran darah. Hal ini akan membantu Anda tetap awas.
    Agar bisa tetap terjaga, cobalah memakan crackers yang terbuat dari gandum utuh dan mengandung keju rendah lemak, segenggam kacang dan buah anggur, atau setengah porsi sandwich isi daging kalkun. Mitos yang mengatakan bahwa memakan daging kalkun akan membuat Anda mengantuk adalah isapan jempol belaka, demikian menurut sebagian besar ilmuwan; makanan-makanan kaya lemak dan karbohidratlah, yang acapkali dimakan berbarengan dengan daging kalkun, yang membuat Anda merasa letih. Makanan kecil lainnya yang bisa memompa energi antara lain yogurt, apel dan selai kacang, serta keju lembut dengan buah-buahan atau sayuran. Buah-buahan sering menjadi sebuah pilihan yang baik untuk membantu Anda tetap terjaga sebab bisa memompa gula darah Anda secara relatif cepat tapi tidak membuat Anda mengantuk sebagaimana yang terasa jika Anda memakan permen atau makanan-makanan lain yang bergula.
    Selain memakan makanan kecil, minumlah air dingin banyak-banyak. Dehidrasi akan membuat Anda merasa lelah dan membuat otak Anda menumpul. Selain itu, minum air akan memaksa Anda untuk beristirahat sejenak dari memaksakan mata Anda memandangi layar komputer atau buku. Bangkit dari kursi dan berjalan sejenak juga bisa membantu Anda untuk tetap terjaga, seperti halnya air dingin yang Anda minum itu.
    Minum-minuman berkafein tidak selalu jadi pilihan yang tepat dalam membantu Anda agar tetap terjaga. Kafein akan memberikan luapan energi yang singkat, yang sebenarnya merupakan pilihan jika Anda memang membutuhkan hal tersebut.Mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar biasanya akan mengakibatkan terjadinya penurunan energi secara drastis setelahnya dan bisa membuat Anda merasa tidak enak badan di keesokan harinya. Gula adalah pilihan yang lebih buruk dari kafein sebab penurunan energi secara drastis terjadi lebih cepat dibandingkan kafein. Meskipun gula dan kafein bisa membantu Anda terjaga selama satu atau dua jam, kita tetap harus mempertimbangkan efek jangka panjangnya.
    Memakan makanan yang tepat hanyalah sebagian dari upaya untuk tetap terjaga; Anda juga tetap harus bergerak secara berkala. Lakukan istirahat secara berkala, sebab mata yang bekerja serta duduk dalam posisi yang sama secara terus menerus akan membuat Anda kelelahan. Ciptakan sebuah strategi untuk tetap terjaga yang mencakup mengkonsumsi makanan sehat yang bisa memberikan energi yang Anda perlukan, minumlah banyak air agar Anda tidak mengalami dehidrasi, serta istirahatlah secara berkala agar ketajaman otak Anda tetap terjaga sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik.


Detil Artikel

Ditulis oleh : Kris Roudebush
Disunting oleh : Bronwyn Harris
Hak cipta dilindungi:
2003-2012 Conjecture Corporation
diterjemahkan dari wisegeek.com


Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...