Wednesday, February 29, 2012

INDOL-INDOL SEBAGAI OBAT

Indol-indol (Mylabris phalerata) adalah sejenis serangga yang dapat terbang. Panjang tubuhnya kurang lebih 20 milimeter dan berwarna hitam. Pada bagian pangkal sayapnya terdapat dua bintik besar. Di tengah bagian muka dan belakang tubuhnya masing-masing terdapat garis kuning mendatar. Indol-indol tersebar luas di daratan Asia bagian timur.
    Tubuh indol-indol kecil dan beracun. Sendi tulang kakinya dapat mengeluarkan semacam racun berwarna kuning yang mengandung zat racun yang bernama cantharidin. Zat demikian itu mempunyai merangsang agak kuat terhadap kulit dan selaput lendir manusia maupun binatang. Baik manusia atau hewan piaraan setelah terkena zat racunnya, segera timbul banyak bintik merah atau lepuh pada kulitnya. Bilamana dengan tidak sengaja cantharidin itu tertelan, keadaannya bisa semakin gawat lagi. Yang ringan adalah menyebabkan saluran makan memborok akibat rangsangan zat racun tadi, sedangkan yang berat menjadikan seluruh badan timbul berbagai gejala keracunan, bahkan kalau tidak cepat ditolong dapat mengakibatkan kematian!
    Namun demikian, serangga yang sangat beracun ini bermanfaat juga bagi umat manusia. Dalam ilmu kedokteran modern, larutan cantharid dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Selain itu, bahan campuran cantharidin yang diperoleh dari indol-indol juga memiliki daya pengobatan terhadap kanker hati.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...