Wednesday, February 29, 2012

IKAN BALON DAN RACUNNYA

Ikan balon (Fugu spp) adalah ikan beracun. Toksitasnya juga sangat tinggi. Yang aneh ialah daging ikan balon sendiri tidak mengandung racun. Yang mengandung racun hanyalah indung telur, hati, serta lambung dan ususnya.
    Namun demikian, ada satu hal yang patut diperhatikan sungguh-sungguh. Jikalau ikan tersebut sudah tidak segar dan toksin jeroannya telah merembes masuk dagingnya, maka sudah tentu dagingnya juga akan mengandung racun.
    Jikalau ikan balon segar dibuang jeroan dan kulitnya lalu dicuci bersih, kemudian dimasak dengan cara apapun akan tetap sangat enak rasanya. Selain itu, nilai gizinya juga sangat tinggi. Sudah menjadi kebiasaan tradisional bahwa ikan balon setiap saat dapat dijadikan hidangan makan. Malah ada sementara orang menganggap makan ikan balon adalah lebih nikmat dan mewah daripada makan udang dan ikan biasa lainnya. Apapun juga anggapan orang, yang pasti bilamana hendak makan ikan balon haruslah selalu berhati-hati.
    Setelah diproses secara ilmiah, ikan balon dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk penting. Dagingnya dapat dijadikan abon ikan, kulitnya dapat disamak menjadi kulit masak ataupun dibuat perekat peralatan foro, sedangkan darah dan jeroannya dijadikan pupuk.
    Menurut penelitian ilmiah dan percobaan klinis, obat suntik dari racun ikan balon dapat digunakan untuk mengobati neuralgia dan penyakit kanker stadium akhir dengan efek analgesia yang cukup mengesankan.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...