Wednesday, February 29, 2012

FUNGSI TARING BINATANG

Binatang pemakan rumput seperti sapi (Bos taurus) dan kuda (Equus caballus) memiliki gigi pengiris dan geraham yang sangat berkembang, sementara gigi taring mereka agak kecil, lemah, dan bahkan tidak tumbuh sama sekali. Tatkala binatang tersebut makan rumput, mereka hanya perlu mengunyah perlahan saja dan menelannya. Serat rumput jauh lebih mudah dikunyah daripada urat daging binatang dan karenanya mereka tak perlu gigi taring untuk merobeknya.
    Babi hutan (Sus scrofa) juga bukan pemakan daging. Makan utamanya adalah biji tumbuhan dan tanaman palawija. Oleh karena itu, geraham maupun gigi taringnya sangat berkembang. Taring panjang babi hutan jantan selain dipakai sebagai alat untuk menggali, juga merupakan senjata ampuh untuk membela diri.
    Walrus (Odebenus spp) juga memiliki sepasang gigi panjang. Hanya saja gigi itu adalah gigi taring dari rahang atas. Taring walrus yang terpanjang melebihi 90 sentimeter, sedangkan giginya yang biasa juga kurang lebih 60 sentimeter panjangnya.
    Seperti halnya babi hutan, gigi taring walrus dipakai sebagai senjata untuk memecah es, menaiki bukit es, atau untuk menggali kernag di dalam pasir.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...