Wednesday, February 29, 2012

IKAN MONODON BERTARING PANJANG

Di antara sekian banyak binatang yang beraneka ragam bentuknya, mungkin taring gajah (Elephas spp.) yang panjang dan berwarna putih susu itulah yang paling menarik perhatian orang. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa di dalam lautan terdapat sejenis binatang yang juga memiliki taring yang panjang?
    Binatang tersebut dinamakan ikan Monodon monoceros yang tergolong ikan lodan. Ikan jantan panjangnya empat meter lebih, sedangkan beratnya kira-kira 1.600 kilogram lebih. Yang aneh pada diri ikan tersebut adalah kepalanya kecil bulat sementara dari mulutnya menjulur sebatang gigi panjang mirip tombak yang dapat mencapai dua pertiga panjang badannya.
    Mengapa gigi itu hanya tumbuh sebatang?
    Ternyata setelah memasuki usia dewasa, gigi taring bagian rahang atas sebelah kiri ikan jantan tumbuh memanjang secara spiral ke arah kiri depan, menjadi taring panjang dan runcing yang menonjol ke luar. Pada umumnya, taring sebelah kanan tidak tumbuh dan terpendam di dalam rahang atas sehingga tidak kelihatan dari luar.
    Taring panjang Monodon monoceros termasuk agak istimeewa di antara ikan lodan. Seperti diketahui, berbagai jenis ikan lodan pada umumnya memiliki tipe gigi yang kecil dan runcing seperti halnya dengan gigi ikan paus (Physeter catodon) dan lumba-lumba (Delphinus delphis). Namun ada pula beberapa jenis lainnya malah tidak bergigi, melankan mempunyai tulang insang yang berlekuk-lekuk seperti halnya dengan ikan paus selayur (Balaenoptera physalus), ikan paus selayur biru (Balaenoptera musculus) dan lain-lainnya.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...