Tuesday, February 28, 2012

APA YANG AKAN TERJADI KETIKA KITA MEMASUKI LUBANG HITAM?

Ketika Anda memasuki lubang hitam, Anda mungkin tidak akan langsung mati, walaupun akhirnya Anda akan hancur binasa akibat kekuatan gravitasi. Begitu Anda terjatuh ke dalam lubang hitam dan bahkan setelah Anda memasukinya, Anda boleh jadi tidak akan kehilangan kesadaran Anda, tetapi tarikan gravitasi pada kepala Anda akan membuat tubuh Anda mulur dan kemudian tercabik-cabik. Perbedaan gaya ini disebut gaya tidal, sebab kekuatan ini seperti gaya yang berada di lautan, hanya saja besarnya lebih ekstrem. Kekuatan tersebut dapat berkurang bila lubang hitamnya cukup besar; dalam lubang hitam yang kecil gaya tidal ini tidak akan membunuh Anda, bahkan sebelum Anda hilang di dalam lubang hitam, yaitu setelah Anda melewati event horizon.
    Di dalam lubang hitam yang lebih besar pun, gaya tidal pada akhirnya akan selalu memerangkap Anda. Begitu Anda terjatuh ke dalam lubang hitam, Anda tidak akan pernah bisa meloloskan diri, Anda akan tertarik ke pusat lubang hitam itu, dan gaya ini akan membunuh Anda sebelum Anda tiba di pusatnya. Berapa lama waktunya tergantung pada besarnya lubang hitam. Jika lubang hitamnya cukup besar sehingga gaya tidal tidak langsung membunuh Anda, mungkin Anda masih punya waktu antara satu hingga beberapa jam sebelum tubuh Anda tercerai berai. Pada lubang hitam yang lebih kecil, misalnya lubang hitam yang terbentuk ketika sebuah bintang hancur, Anda tidak akan punya banyak waktu. Inilah yang akan terjadi jika Anda terjatuh ke dalam lubang hitam yang ditemukan di Galaksi Bima Sakti.  

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...