Monday, February 27, 2012

AKTINIA DAN CARA MAKANNYA

Di bawah kolong langit yang sedemikian besar, ada saja hal ihwal yang aneh bin ajaib termasuk di antaranya cara makan binatang yang berbeda satu dengan yang lainnya.
    Di dalam lautan, hiduplah sejenis binatang berongga yang disebut aktinia (Actinia spp). Aktinia ini tidak berkaki dan juga tidak memiliki kaki atau sirip apapun. sejak dilahirkan, aktinia memang tidak dapat berjalan dan tentunya juga tidak dapat berenang. Kemampuannya tidak lain hanyalah menempelkan dirinya di atas batu karang atau kulit kerang untuk kelanjutan hidupnya. Tubuhnya berbentuk silinder dan pada bagian atasnya tumbuhlah semacam "bunga". Dengan kata lain, di sekeliling cakra mulutnya tumbuh banyak tentakel yang berbentuk silinder.
    Aktinia adalah carnivora atau pemakan daging. Sekalipun tidak memiliki kaki dan tidak bisa berjalan, akan tetapi aktinia punya cara tersendiri untuk memperoleh makanan. Jika ada ikan dan udang yang lengah dan lalu berenang di dekatnya, secara tiba-tiba dikeluarkannya serabut tusuk dari tentakelnya untuk menusuk ikan atau udang itu dan demikian akan menjadi lebih mudah bagi aktinia ini untuk melahap mangsanya itu. Di bagian lipatan, di sekeliling dinding dalam tubuh aktinia terdapat pula pundi serabut berbisa, sedangkan zat bisa yang dikeluarkan serabut juga dapat membunuh binatang kecil.
    Aktinia hidup bersimbiose dengan sejenis ikan kecil yang disebut ikan "gadis". Ikan tersebut, dengan mengenakan "pakaian indah"-nya selalu berenang kian kemari di sekitar aktinia dengan maksud menarik ikan lain untuk datang mendekatinya. Ikan tolol yang kemudian tertarik dan datang akan masuk perangkap dan menjadi mangsa aktinia.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...