Monday, December 19, 2011

SEPULUH HAL YANG MEMBUAT MANUSIA JADI SPESIAL


SEPULUH HAL YANG MEMBUAT MANUSIA JADI SPESIAL
Oleh: Charles Q. Choi
Tanggal: 22 Agustus 2011

Manusia adalah hewan yang sangat luar biasa, mahluk yang telah mengubah wajah dunia di sekeliling kita. Apa yang membuat kita begitu spesial dibandingkan mahluk lain dalam kerajaan hewan? Beberapa hal yang selama ini kita anggap hal yang sudah sewajarnya akan membuat Anda terkaget-kaget.
Catatan penyunting: Ini merupakan Bagian ke-2 dari 10 seri LiveScience mengenai asal usul, evolusi, dan masa depan spesies manusia dan misteri-misteri yang masih belum terpecahkan.

       1.        Kehidupan setelah masa kanak-kanak
Sebagian besar hewan terus berkembang biak sampai mereka mati, namun dalam kasus manusia, kaum wanita bisa terus hidup meskipun mereka tidak bisa bereproduksi lagi. Hal ini boleh jadi karena adanya ikatan sosial yang tampak pada manusia – dalam keluarga yang berumur panjang, para kakek-nenek bisa turut membantu keberhasilan keluarga jauh setelah mereka sendiri memiliki anak.

2.        Masa kanak-kanak yang panjang
Manusia harus tetap berada dalam pemeliharaan orang tua mereka jauh lebih lama dibandingkan primata lainnya. Pertanyaannya adalah mengapa? Sebab dalam logika evolusi seharusnya masa pemeliharaan itu lebih cepat agar manusia bisa lebih banyak memiliki keturunan. Jawabannya barangkali terletak pada otak kita yang besar, yang diduga membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh dan belajar.

3.        Tersipu-sipu
Manusia adalah satu-satunya spesies yang diketahui bisa tersipu-sipu, sebuah perilaku yang disebut oleh Darwin sebagai “ekspresi yang paling istimewa dan paling ‘manusiawi’”. Masih belum bisa dipastikan mengapa orang bisa tersipu-sipu, perilaku yang secara tidak sadar akan mengungkapkan emosi manusia yang paling dalam. Gagasan yang paling umum dipakai adalah bahwa tersipu-sipu  akan membuat manusia tetap jujur, dan hal ini akan menguntungkan kelompoknya.

4.        Api
Kemampuan manusia untuk mengendalikan api mengakibatkan kita bisa membawa siang ke malam hari, membantu nenek moyang kita untuk tetap bisa melihat meskipun dalam gelap serta mengusir predator-predator malam hari agar tetap menjauh. Kehangatan api juga membantu manusia untuk bisa terus merasa hangat di cuaca yang dingin, sehingga memungkinkan kita untuk bisa hidup di wilayah-wilayah yang dingin. Dan tentu saja api membuat kita bisa memasak, yang mana dinyatakan oleh beberapa peneliti akan membawa dampak pada evolusi manusia – makanan yang dimasak akan lebih mudah dikunyah dan dicerna, dan barangkali hal ini berkontribusi dalam proses pengecilan gigi dan ukuran usus manusia.

5.        Pakaian
Manusia boleh saja disebut sebagai “kera yang gundul” namun kebanyakan dari kita memakai pakaian, sebuah fakta yang membuat kita menjadi mahluk yang unik dalam kerajaan hewan, tidak termasuk pakaian-pakaian yang suka kita pakaikan ke hewan lain. Perkembangan pakaian bahkan memiliki dampak terhadap evolusi hewan lain – kutu yang biasanya menempel pada tubuh jadi menempel pada pakaian.

6.        Otak yang sangat luar biasa
Tak diragukan lagi, ciri manusia yang membuat kita jauh dari sebagian besar hewan dalam kerajaan hewan adalah otak kita yang luar biasa. Manusia bukanlah pemilik otak terbesar di dunia – otak terbesar dipunyai oleh paus sperma. Kita bahkan bukan pemilik otak terbesar jika diperbandingkan dengan ukuran tubuh – banyak burung yang memiliki otak yang besarnya lebih dari 8 persen bobot tubuhnya, sementara manusia hanyalah 2,5 persen. Meskipun demikian, otak manusia, yang bobotnya hanya sekitar 3 pounds jika sudah berkembang penuh, membuat kita mampu untuk mengolah akal sehat dan berpikir melampaui kemampuan hewan lainnya, dan menghasilkan karya-karya seperti karya Mozart, Einstein, dan orang-orang jenius lainnya.

7.        Tangan
Berkebalikan dengan kesalahpahaman umum, manusia bukanlah satu-satunya hewan yang memiliki ibu jari – sebagian besar primata juga punya. (Dan tidak seperti kera besar lainnya, kita justru tidak memiliki ibu jari kaki yang fleksibel). Apa yang membuat manusia jadi unik adalah bagaimana kita bisa menggerakkan ibu jari kita melintasi semua jari hingga bisa saling bertemu dengan ujung jari manis dan kelingking. Kita juga bisa menggerakkan jari manis dan kelingking kita menyentuh bagian bawah ibu jari. Kemampuan ini membuat manusia memiliki genggaman yang kuat dan keakuratan yang luar biasa dalam memegang dan membentuk alat-alat.

8.        Ketelanjangan
Kita tampak gundul jika dibandingkan sepupu kera kita. Meskipun demikian, yang mengejutkan adalah satu inci persegi kulit manusia secara rata-rata ternyata memiliki folikel rambut yang sama dengan primata lainnya, atau bahkan lebih banyak – manusia hanyalah memiliki rambut yang lebih tipis, pendek, dan ringan.

9.        Postur yang tegak
Manusia jadi unik di antara primata lainnya dalam hal bagaimana berjalan sepenuhnya tegak telah menjadi mode pergerakan kita yang utama. Hal ini akan membebaskan tangan kita dalam menggunakan alat. Sayangnya, perubahan yang terjadi dalam tulang pinggul kita agar kita dapat berjalan dengan dua kaki, berbarengan dengan bayi-bayi manusia yang memiliki ukuran otak yang besar, membuat proses kelahiran menjadi hal yang jauh berbahaya dibandingkan pada hewan lainnya. Satu abad yang lalu, melahirkan menjadi penyebab utama kematian pada kaum wanita. Kurva lumbal di bagian punggung bawah, yang membantu kita menjaga keseimbangan ketika kita berdiri dan berjalan, juga membuat kita gampang sakit pinggang dan keseleo.

10.    Berbicara
Larynk, atau kotak suara, yang berada di bagian yang lebih bawah pada tenggorokan manusia dibadingkan pada simpanse, merupakan salah satu dari beberapa fitur yang memungkinkan manusia untuk bisa berbicara. Nenek moyang manusia mengembangkan larynk seperti ini sekitar 350.000 tahun yang lalu. Kita juga memiliki tulang hyoid – tulang berbentuk ladam kuda yang berada di bawah lidah ini, memiliki keunikan tidak hanya karena tulang ini tidak menempel pada tulang manapun dalam tubuh, tapi juga karena memungkinkan kita untuk mengartikulasi kata-kata ketika kita berbicara.


Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...