Tuesday, December 20, 2011

MENGAPA TELUR REBUS SETELAH DIRENDAM JADI MUDAH DIKUPAS?


Hampir setiap benda akan memuai jika dipanaskan dan akan menyusut jika didinginkan.
            Akan tetapi, derajat pemuaian dan penyusutan itu berlainan bagi tiap benda. Telur ayam terdiri dari kulit telur yang keras serta putih telur dan kuning telur yang lunak. Derajat pemuaian dan penyusutan ketiga bagian telur itu juga berlainan. Perbedaan ini tak begitu kentara kalau perubahan suhu tidak besar atau agak merata. Tapi kalau ada perubahan suhu yang drastis, derajat penyusutan kulit telur dan putih telur tidak sama.
Waktu telur ayam yang baru matang direbus itu direndam dalam air dingin, kulitnya tiba-tiba menyusut sementara putih telurnya masih dalam suhu semula dan volumenya tidak menyusut. Pada saat inilah sebagian dari putih telur didesak oleh kulit itu ke ruang kosong telur. Kemudian putih telur juga berangsur-angsur menyusut karena suhunya turun.
Karena derajat penyusutan kulit telur, putih telur dan kuning telur tidak sama, maka akan terjadi pemisahan antara putih telur dengan kulit telur. Oleh sebab itu telur ayam rebus mudah dikupas setelah direndam dalam air dingin.

Foto dari http://food.yourway.net

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...