Monday, December 19, 2011

MENGAPA SETELAH MATANG PANGSIT AKAN MENGAMBANG?


Orang yang suka makan pangsit tahu bahwa sewaktu dimasukkan ke dalam panci yang berisi air, pangsit mentah akan tenggelam ke dasar panci; sesudah matang pangsit itu akan mengambang ke permukaan; dan setelah dingin pangsit itu akan turun kembali ke dasar panci. Mengapa demikian?
Berat jenis pangsit mentah lebih besar daripada berat jenis air, maka sewaktu dimasukkan ke dalam panci yang berisi air, pangsit itu tenggelam ke dasar. Setelah dipanaskan dengan api, air dan pangsit dalam panci itu berangsur-angsur menjadi panas. Seperti benda lainnya, pangsit juga akan memuai kalau dipanaskan. Dan setelah menyerap air panas secukupnya, pangsit itu akan mengembang sehingga volumenya jauh lebih besar daripada pangsit mentah. Berat pangsit itu tidak bertambah, tetapi setelah volumenya bertambah besar maka berat per unit volumenya berkurang. Ketika pangsit sudah memuai sepenuhnya atau dengan kata lain sudah matang, berat jenisnya menjadi lebih kecil dari berat jenis air, maka pangsit itu akan mengambang ke atas.
Benda yang cepat memuai juga akan menyusut dengan cepat. Waktu air dalam panci mendingin, pangsit di dalamnya akan menyusut juga. Setelah menyusut, berat per unit volume pangsit itu akan bertambah dan pada waktu ini berat jenisnya menjadi lebih besar dari berat jenis air, maka akan tenggelam lagi ke dasar panci.
Selain pangsit, onde-onde, bakso, atau makanan lain yang serupa juga akan mengalami hal yang sama.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...