Tuesday, December 13, 2011

MENGAPA PERUT KITA KERONCONGAN SAAT LAPAR?


A. Gillespie, Lancaster, Calif.
Mark A. W. Andrews, lektor fisiologi dan direktur program Independent Study di Lake Erie College of Osteopathic Medicine, memberikan penjelasan sebagai berikut:
 
Asal muasal morfologis dari suara “keroncongan” ini melibatkan pergerakan otot di dalam perut dan usus halus. Meskipun suara keroncongan biasanya diasosiasikan dengan rasa lapar –yakni ketika perut dan usus dalam keadaan kosong, sebab jika perut dan usus dalam keadaan terisi bisa meredam suara keroncongan itu—suara keroncongan itu bisa terjadi kapan saja.
Secara umum, saluran pencernaan berbentuk sebuah selang yang memanjang dari mulut hingga anus dengan sebagian besar dinding dalamnya terdiri dari lapisan-lapisan otot halus. Otot ini nyaris selalu dalam keadaan aktif. Ketika dinding-dinding ini melakukan gerakan meremas untuk mencampur dan menggiling makanan, gas, dan cairan, maka akan terdengar suara keroncongan. Gerakan meremas ini, yang disebut peristalsis, melibatkan sebuah cincin kontraksi yang bergerak menuju anus, beberapa inci sekali jalan. Sebuah fluktuasi berirama dari tenaga listrik dalam sel-sel otot halus, yang dikenal sebagai basic electrical rhythm (BER), menyebabkan terjadinya gelombang peristalsis. BER merupakan hasil dari gerakan inheren sistem sarat enteric yang ditemukan dalam dinding usus. Sistem saraf otonom dan faktor-faktor hormonal juga ikut mengatur irama ini.
Setelah perut dan usus halus kosong selama sekitar dua jam, ada semacam gerak refleks aktivitas elektrik (migrating myoelectric complexes, atau MMCs) dalam sistem saraf enteric. Hal ini akan memicu kontraksi, yang akan terdengar ketika otot-otot menyapu semua isi perut dan mengumpulkannya.


Diterjemahkan dari Majalah Scientific American Exclusive Online Issue No. 25, 2005, hlm. 3.
Gambar dari http://www.freewebs.com/digestive-system

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...