Monday, December 12, 2011

MENGAPA PENCIUMAN IKAN HIU SANGAT TAJAM?


Hidung ikan terdiri dari dua lubang cekung, sedangkan penciumannya terutama terpusat di dalam rongga hidung. Ikan yang mencari makanan pada malam hari yang gelap terutama berpedoman pada penciumannya.
Seperti kita ketahui, ikan hiu atau ikan cucut yang banyak jenisnya itu termasuk ikan bertulang rawan. Kebanyakan hidup di lautan daerah panas. Kulit ikan hiu tidak bersisik melainkan berduri kecil yang semuanya mengarah ke belakang. Agak berlainan dengan kebanyakan ikan lainnya, mulut ikan hiu berada di bagian bawah kepala dan bergigi banyak. Badannya dapat tumbuh besar sekali dan panjangnya bisa mencapai 15 meter lebih.
Penciuman ikan hiu sangat sensitif. Selain mampu mencium bau di tempat yang cukup jauh, dapat juga mencium bau yang sangat lemah di dalam air.
Mengapa ikan hiu begitu tajam penciumannya?
Ternyata “rahasia”-nya terletak pada sangat berkembangnya pusat indera penciuman yang hampir mencapai dua pertiga dari otak besarnya itu. Oleh karena itu pada saat ikan hiu sedang mengembara di tengah lautan, seringkali nampak kepalanya beroleng ke kanan dan kiri tanpa berhenti-henti. Memang hampir semua binatang air dapat mengelakkan penglihatan mata ikan hiu, akan tetapi susah sekali untuk mengelakkan diri dari indera ciumnya yang luar biasa tajamnya itu.
Dan tentunya, seandainya lubang hidup ikan hiu itu disumbat rapat, niscaya ia akan menjadi tak berdaya sama sekali.


Foto-foto dari situs
http://science.howstuffworks.com/environmental/life/zoology/marine-life/shark3.htm

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...