Sunday, December 18, 2011

MENGAPA MUMI WARNANYA COKLAT?


Mumi-mumi bisa berwarna coklat karena kandungan zat besi yang ada di dalam tubuh. Ketika dibalsem, bobot tubuh berkurang lebih dari 70 persen namun yang hilang dari tubuh hanya cairan sehingga mineral-mineral selain cairan akan sangat terkonsentrasi dan bisa terlihat dengan jelas.
Sejarawan Yunani Herodotus telah menjabarkan proses pembalseman itu langkah demi langkah, namun para ilmuwan tetap memiliki pertanyaan yang tak terjawab. Oleh karena itu pada tahun 1994, profesor Bob Brier dari Long Island University melakukan sebuah proses pembalseman dengan menggunakan metode Mesir Kuno untuk membuat mumi modern. Proses itu bisa menjawab beberapa pertanyaan.
Selama bertahun-tahun, para ilmuwan mengira bahwa warna gelap pada tubuh mumi disebabkan oleh adanya pemakaian resin dan karena mumi itu lama tersimpan di dalam makam. Akan tetapi, mumi buatan Bob Brier berubah warnanya menjadi coklat gelap hanya setelah proses dehidrasi selama 35 hari. Temuan ini membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa perubahan warna terjadi seiring turunnya bobot tubuh dan disebabkan oleh tingginya konsentrasi zat besi dalam tubuh.

Dari rubrik Ask Us di Majalah Science Illustrated edisi Januari-Februari 2012, hlm. 24.
foto dari http://science.nationalgeographic.com

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...