Wednesday, December 21, 2011

MENGAPA ANJING TAJAM PENCIUMANNYA?


Skema indera penciuman pada anjing
Indera pembau anjing sangat sensitif. Menurut penelitian para ilmuwan, hidung anjing dapat membedakan lebih dari seribu macam bau zat yang berlainan. Karena itulah, maka sudah sejak lama sekali anjing dijadikan pembantu yang cakap oleh manusia dalam usaha maupun kehidupan.
Seperti diketahui, para petani selalu membawa anjing pemburu dalam melakukan perburuan, begitu juga para penggembala selalu membawa anjing gembalanya dalam menggembalakan domba. Sedangkan petugas keamanan umum waktu mencari penjahat yang melarikan diri sering menuntun anjing pelacak dalam usaha menangkapnya kembali.
Anjing termasuk suku Carnivora. Yang banyak dikenal di Indonesia adalah anjing rumah (Canis familiaris). Dalam beberapa tahun belakangan ini sering pula nampak para petugas keamanan menggunakan anjing pelacak dalam usaha menghadapi segala perbuatan kriminal.
Anjing pelacak memiliki kemampuan membedakan bau yang sangat unik, terutama sangat peka terhadap bau badan manusia. Setelah diadakan eksperiman, ternyata anjing sangat peka terhadap asam lemak dalam keringat kaki manusia. Ada sedikit saja keringat merembes ke luar kulit, anjing dapat mencari jejak seseorang.
Tak sedikit binatang memiliki reseptor pencium yang terbentuk oleh sel pencium. Tatkala bau dari luar merangsang reseptor penciumnya, maka sel pencium binatang itu mengalami eksitasi yang oleh saraf pencium disampaikan kepada otak. Dengan demikian dapat mengetahui sifat bau tadi.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...