Tuesday, December 27, 2011

Manusia Kelabu dari Gunung MacDhui


Panorama Ben MacDhui dilihat dari Cairngrom
Di dataran tinggi Skotlandia terdapat sebuah gunung dimana banyak orang merasakan ketakutan yang amat sangat yang tidak pernah mereka alami sebelumnya. Ketika kabut bergulung-gulung menyelimuti tiang-tiang dari tumpukan batu, mereka yang pernah ke gunung itu mengatakan ada sosok mahluk besar dan menakutkan yang bergentayangan di sana. Mereka menyebut mahluk itu ‘Am Fear Liath Mor’, atau ‘Si Manusia Kelabu’. Beberapa orang melihatnya sebagai sosok tua yang memakai jubah, yang lain mengatakan bahwa sosok itu adalah raksasa, bahkan ada yang mengatakan bahwa sosok itu adalah iblis. Mahluk itu tidak saja mengancam lewat kekuatan fisik namun juga menyebabkan perasaan depresi yang membuat orang nyaris bunuh diri dan panik jika didekati olehnya.
Ben MacDhui atau Gunung MacDhui adalah gunung tertinggi kedua di Skotlandia. Gunung ini tegak menantang dan menjadi ajang pengujian bagi para pendaki berpengalaman. Banyak di antara para saksi yang melihat, atau merasakan keberadaan, Manusia Kelabu itu adalah para pendaki gunung yang tangguh, bukan jenis orang yang mendaki untuk bersenang-senang semata.
Orang pertama yang menceritakan pengalamannya bertemu dengan penghuni gunung itu adalah Profesor Norman Collie. Collie adalah seorang pendaki gunung yang terkenal dan dihormati, namun ketika ia berpidato di Cairngorm Club di tahun 1925, para hadirin di pertemuan itu benar-benar dibuat tertegun.
Collie menceritakan bahwa ia sedang turun dari puncak Ben MacDhui pada tahun 1892 ketika ia mendengar suara langkah kaki di belakangnya. Pada awalnya, karena dikelilingi oleh kabut, ia hanya mengira bahwa suara itu hanyalah gema dari suara langkahnya sendiri. Namun akhirnya ia menyadari bahwa suara yang didengarnya tidak sesuai dengan gerakan yang dilakukannya. Suara itu terdengar seolah-olah ada sesosok raksasa yang sedang mengikutinya. Collie mengatakan:
“Seakan-akan ada orang yang berjalan mengejarku, tapi panjang langkahnya tiga atau empat kali dari langkahku sendiri.”
Merasa ketakutan, Collie lari lintang pukang hingga empat atau lima mil menuruni lereng gunung hingga akhirnya ia tidak lagi mendengar suara itu. Collie tidak pernah lagi ke gunung itu dan sampai meninggal ia yakin bahwa ‘ada sesuatu yang ganjil di Ben MacDhui”.
Pada masa Perang Dunia Kedua, Peter Densham bekerja sebagai anggota tim penyelamat. Di masa itu tugasnya adalah mencari dan menyelamatkan pilot-pilot yang pesawatnya jatuh di wilayah Cairngorms. Pada suatu hari ia sedang berada di puncak Ben MacDhui ketika tiba-tiba kabut tebal turun.  Ia duduk dan menunggu sampai cuaca membaik kembali. Tak lama kemudian, ia mulai mendengar suara-suara berderak-derak yang aneh dan tiba-tiba saja ia merasa tidak sendirian di situ. Ia berdiri untuk menyelidiki suara-suara tersebut namun tiba-tiba saja dirinya dicekam oleh rasa panik. Sebelum ia menyadari apa yang terjadi, ia berlari menuruni gunung dan nyaris terjatuh di ujung tebing. Setelah kejadian tersebut ia mengatakan ‘Aku mencoba menghentikan diriku dan ternyata sungguh sulit. Seolah-olah ada orang yang terus mendorongku. Aku berhasil mengubah arah lariku, tapi itu benar-benar sebuah usaha yang keras.”
Sejak saat itu, banyak orang yang melihat sesosok mahluk yang ganjil, atau tiba-tiba merasakan adanya firasat akan datangnya kejadian yang sangat buruk di gunung itu. Salah satu penampakan paling baru terjadi di awal tahun 1990. Tiga orang lelaki sedang berjalan di hutan sebelah Aberdeen. Salah satu dari ketiga orang itu melihat satu sosok manusia sedang berlari melintasi jalan setapak di depan mereka. Ia mengatakannya kepada kedua temannya dan ketika mereka semua melihat ke arah yang ditunjukkan oleh orang pertama, mereka melihat sesosok mahluk dengan wajah yang ganjil, tidak berupa wajah manusia. Beberapa minggu setelah kejadian itu, orang-orang yang sama berkendara di sekitar wilayah itu, dan mereka diikuti oleh sosok tinggi gelap yang sama.  Mahluk itu terus mengikuti mereka, bahkan ketika mereka memacu kendaraan hingga 45 mil per jam. Akhirnya mahluk itu berhenti mengikuti mereka dan mereka mulai merasakan teror dan firasat buruk.
Para peminat cerita monster memiliki berbagai gagasan mengenai asal-usul monster tersebut. Beberapa di antaranya mengatakan bahwa sosok kelabu itu bisa jadi adalah alien, atau hantu dari ras manusia tua dari dataran tinggi itu, atau bahkan sebenarnya sosok itu adalah mahluk mitos semacam petapa. Salah satu teori yang menarik adalah teori yang menyebutkan bahwa di puncak Ben MacDhui terdapat sebuah gerbang menuju dimensi lain dan mahluk kelabu itu sebenarnya adalah penjaga gerbang tersebut. Jika memang benar demikian adanya, maka mahluk itu telah menunaikan tugasnya dengan sangat baik. Setelah berhadapan dengan Manusia Kelabu, hanya sedikit orang yang berani naik ke Ben MacDhui lagi.



Buku 100 Stangest Mysteries

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...