Wednesday, December 28, 2011

LIDAH-LIDAH UNIK PADA BINATANG


Nuri, yang pandai menirukan kata.
Sungguh menarik mendengarkan burung nuri bisa “menirukan bicara manusia”. Lidah burung nuri (Psittacula spp.) lunak, tangkas, dan lancip serta agak bulat di ujung lidahnya. Apabila lidah ini mendapat latihan secara sistematis berulang kali, maka burung nuri ini dapat menirukan omongan orang sehari-hari yang agak sederhana seperti “Apa kabar?”, “Selamat jalan!”, “Sampai jumpa!”, dan lain sebagainya. Namun karena tidak menerima latihan khusus, maka pada umumnya burung nuri di kebun binatang hanya selalu mengulang-ulang beberapa patah kata saja yang paling sering ia dengar.
Lidah burung pelatuk (Picidae spp) kecil dan panjang, sedangkan pada ujungnya masih terdapat sebaris kait yang tumbuh terbalik. Tatkala burung pelatuk sedang sibuk mematuki batang pohon yang berulat di dalamnya, terlebih dahulu dibuatnya lubang pada kulit pohon, lalu menjulurkan lidahnya ke dalam lubang untuk mengait ulat pengrusak tanaman yang bersembunyi di dalamnya untuk kemudian dimakan satu demi satu.

Ujung lidah burung pelatuk
Yang aneh ialah di bagian atas lidah Penguin (Sypheniscus demersus) terdapat banyak “paku” dari daging. Penguin hidup berkelompok di daerah Antartika. Makanannya yang utama adalah ikan, udang dan binatang lunak lainnya dari lautan. Pada tubuh ikan kecil itu biasanya terdapat sisik dan semacam lendir yang sangat licin sehingga ikan tersebut sulit ditangkap. Tetapi dengan adanya “paku” khusus pada lidahnya, penguin dapat menusuk badan ikan sehingga tak mungkin meleset dan terlepas.
Di kawasan sub tropis benua Amerika, hidup sejenis unggas yang diberi nama “burung paruh besar”. Burung tersebut gemar sekali makan buah yang banyak bijinya. Bukan hanya lidah burung tersebut panjang namun tepi lidahnya juga penuh ditumbuhi “bulu” yang kaku. Tiap kali makan buah-buahan liar, maka “bulu” itu akan membantu membuangkan biji buah yang keras.
Kucing piaraan (Felis domestica) amat menyukai kebersihan. Setelah selesai makan, tidak pernah lupa kucing itu menggunakan kaki depan dan lidahnya untuk mengusap-usap muka dan mulutnya sampai bersih sama sekali.
Anjing (Canis familiaris) terkenal takut panas. Pada hari yang terik anjing selalu terengah-engah sambil menjulurkan lidahnya ke luar dengan maksud supaya hawa panas dalam badannya dapat keluar. Dengan berbuat demikian ia akan merasa jauh lebih segar. Ternyata kelenjar keringat anjing tidak terdapat dalam kulit badannya, melainkan berada di lidahnya. Anjing mengulurkan lidahnya ke luar dan dengan demikian kuantitas panas dalam badannya dikeluarkan.
Lidah Penguin yang berpaku
Di Amerika Tengah dan Amerika Selatan terdapat sejenis binatang yang disebut pemakan semut (Myrmecophaga tridactyla) khusus makan rayap. Jika menemukan sarang rayap, pertama-tama dibuatnya lubang dengan kuku kaki depannya, lalu menjulurkan lidahnya yang panjang seperti cambuk itu untuk digoyangkan ke kanan dan ke kiri sehingga rayap terkait ke luar dan dimakan habis.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...