Wednesday, December 28, 2011

HARIMAU DAN MANGSANYA


Karena terkenal sangat buas, sejak dulu harimau (Felistigris) mendapat julukan “raja hutan”. Harimau tergolong binatang buas pemakan daging atau karnivora. Hewan-hewan yang sering dijadikan mangsa untuk mengisi perutnya adalah hewan-hewan seperti rusa (Cervus spp), babi hutan (Sus scrofa), kijang air (Hydropotes inermis), gazele (Gazella gazella) dan berbagai hewan lainnya.
Gigi taring harimau sangat berkembang. Harimau selalu memburu dan menerkam rusa secara mendadak. Setelah rusa itu tergeletak di tanah, terlebih dahulu harimau mencekik leher rusa itu dengan gigi pengirisnya yang kuat itu hingga putus. Kemudian baru ia menyeret mangsanya ke suatu tempat yang sunyi dan di sanalah ia menggunakan taringnya yang runcing itu untuk mencabik-cabik daging rusa dan dijadikan santapan yang lezat.
Sesungguhnya, bagi seekor harimau, memburu rusa yang berbagai jenis itu sangat mudah. Yang kadang masih dapat beradu kekuatan dengan harimau adalah babi hutan saja, apalagi yang jantan. Seekor babi hutan yang berbobot 150 kilogram lebih kadangkala tidak begitu takut terhadap harimau.
Pernah sekali, seekor harimau buas bergulat dengan babi hutan jantan. Harimau itu tidak mduah mengigit kulit babi hutan yang sangat tebal dan ditumbuhi bulu kaku itu. Selain itu, pada moncong babi hutan tumbuh dua buah taring runcing yang melengkung ke atas sehingga harimau tadi mengalami kesulitan untuk menerkamnya. Setelah perkelahian sengit selama beberapa waktu, akhirnya babi hutan itu mati juga setelah dicakar dan digigit berulang kali oleh si harimau. Akan tetapi, akhirnya harimau itu juga mati tergeletak di tanah sebelum jauh meninggalkan tempat itu. Gigi taring babi hutan rupanya telah merobek kulit perut harimau sehingga usus dan hatinya keluar.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...