Wednesday, December 28, 2011

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN LASER?


Ruby LASER yang pertama dipakai pada tahun 1960
Light Amplification by Simulated Emission of Radiation atau disingkat LASER adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengkonsentrasikan cahaya menjadi pancaran sinar yang sempit. Kata LASER seringkali digunakan sebagai sebuah kata benda. Padahal, LASER sebenarnya adalah sebuah singkatan atau akronim. Penggunaan kata LASER hanyalah dimaksudkan agar lebih mudah mengucapkannya.
Cahaya yang dipancarkan oleh LASER bentuknya tipis dan koheren. Sinar laser berbeda dengan sinar yang biasanya terpancar dari atom-atom. Atom umumnya memancarkan sinar secara acak, sinar yang terpancar seperti itu disebut sebagai sinar inkoheren. Pada dasarnya, hal ini berarti atom-atom memancarkan foton secara tidak teratur ke berbagai arah. Perilaku sinar koheren sangat berbeda, yakni sinar ini hanya menuju satu arah yang telah ditentukan.
Untuk menciptakan cahaya koheren bagi sebuah LASER, atom-atom yang tepat harus digunakan dalam lingkungan yang tepat sehingga memungkinkan atom-atom itu memancarkan sinar pada satu saat tertentu dan dalam sebuah arah yang tepat. Atom-atom atau molekul-molekul gas, cairan, kristal, ataupun bahan-bahan lainnya digunakan dalam LASER. Atom-atom ini dimasukkan ke dalam sebuah tabung LASER, sehingga sebagian besar dari atom-atom itu berada pada tingkat energi yang lebih tinggi, sementara permukaan pemantul dalam tabung akan memantulkan energi dan memungkinkan energi itu untuk dibentuk. Melalui sebuah proses yang disebut emisi terstimulasi, foton-foton yang memiliki frekuensi dan gelombang yang sama akan dipancarkan. Akhirnya, sebuah rantai reaksi yang cepat akan terjadi, memanfaatkan atom-atom dan menghasilkan cahaya yang koheren.

Salah satu contoh pemakaian LASER
LASER pertama kali dikenal pada tahun 1960. Sejak saat itu, LASER berkembang. LASER tersedia dalam berbagai ukuran, berkisar dari ukuran sebesar butiran pasir hingga sebesar gedung tinggi. Meskipun ada berbagai macam, sebagian besar LASER menghasilkan pancaran sinar yang sangat tipis dan mampu terus mempertahankan ukuran serta arahnya, sekalipun melintasi jarak yang jauh.
LASER digunakan dalam berbagai hal. Penerapannya sangat penting bagi kedokteran modern, termasuk salah satunya dalam pembedahan mata yang dikenal dengan LASER-Assisted in Situ Keratomileusis (LASIK). LASER juga penting dalam proses manufaktur dan konstruksi serta di bidang militer dan ilmiah terapan. Banyak orang telah memakai printer LASER agar lebih mudah mencetak dokumen. Selain itu, LASER juga menjadi komponen penting dalam pemutar CD dan DVD.

dari wisegeek.com
Detil Artikel
Ditulis Oleh: N. Madison
Disunting oleh: Bronwyn Harris
Hak Cipta Dilindungi:
2003-2011 Conjecture Corporation

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...