Wednesday, September 21, 2011

APAKAH PERBEDAAN ANTARA STRATEGI DAN TAKTIK?


Kata strategi berasal dari kata dalam bahasa Yunani strategos yang diartikan sebagai seni menjadi jenderal. Seringkali kata strategi ini disamakan dengan taktik, yang berasal dari kata dalam bahasa Yunani taktike. Taktike diterjemahkan sebagai pengaturan pasukan. Dalam penggunaan modern, strategi dan taktik bisa saja mengacu tidak hanya mengenai soal peperangan, namun juga pada berbagai praktek bisnis. Pada intinya, strategi merupakan aspek pemikiran dari perencanaan sebuah perubahan, pengorganisiran sesuatu, atau perencanaan sebuah perang. Strategi menentukan tujuan-tujuan yang harus dicapai dan gagasan-gagasan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Strategi bisa merupakan sebuah rancangan yang kompleks dan berlapis-lapis untuk mencapai tujuan dan bisa memberikan pertimbangan-pertimbangan ke dalam taktik.

Taktik merupakan daging dan roti dari strategi. Taktik merupakan aspek “tindakan” yang mengikuti perencanaan. Taktik secara khusus mengacu pada tindakan. Dalam fase strategi dari sebuah rencana, pemikir memutuskan bagaimana caranya mencapai tujuan-tujuan mereka. Dengan kata lain mereka memikirkan bagaimana orang-orang akan bertindak, yaitu taktik. Mereka memutuskan taktik apa yang akan diterapkan untuk memenuhi strategi.
Taktik sendiri merupakan hal-hal untuk menyelesaikan tugas. Strategi bisa terdiri dari banyak taktik, dengan banyak orang terlibat dalam usaha mencapai sebuah tujuan secara menyeluruh. Sementara strategi cenderung melibatkan orang-orang berkedudukan tinggi dalam sebuah organisasi, taktik cenderung melibatkan semua anggota dalam organisasi itu.
Istilah lain yang berkaitan dengan strategi dan taktik dalam operasi militer adalah logistik. Logistik mengacu pada bagaimana sebuah pasukan akan didukung sehingga mereka bisa menerapkan taktik. Logistik akan menjadi bagian dari strategi ketika, misalnya, seseorang berusaha untuk memberikan senjata-senjata, makanan, dan tempat bernaung bagi sebuah kekuatan militer.
Game Risk® merupakan salah satu contoh yang dengan baik menggambarkan perbedaan antara strategi dan taktik. Ketika seseorang memulai game itu, ia akan mendapatkan kartu yang akan menunjuk negara mana yang akan dimiliki oleh setiap pemain. Para pemain kemudian akan menempatkan unit-unit militer di setiap negara yang mereka miliki. Strategi merupakan sebuah bagian penting pada permulaan game. Pemain harus mengetahui dimana ia harus menempatkan bagian militer ekstra untuk memperkuat pertahanannya sehingga ia bisa menguasai dunia.
Ketika seorang pemain membuat sebuah strategi semisal, “Pertama-tama saya akan menguasai Amerika Selatan”, maka taktik akan muncul. Setiap pergerakan akan difokuskan menyerang pemain lain yang menempati wilayah Amerika Selatan. Bagaimana pasukan digerakkan dan keputusan untuk menyerang atau mundur merupakan taktik untuk memenuhi strategi akhir seorang pemain yakni menguasai dunia dan memenangkan permainan. Meskipun keberuntungan melalui putaran dadu juga punya peranan dalam keberhasilan taktik seorang pemain, seorang penyusun strategi seringkali akan unggul dalam game Risk®. Jika pemain tidak membuat sebuah strategi yang baik pada permulaan permainan, ia akan sering memenangkan permainan. 

Diterjemahkan dari wisegeek.com
Gambar dari idiomsgallery.blogspot.com

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...