Tuesday, April 19, 2011

MENGAPA LEBAH MATI SETELAH MENYENGAT?

Bahwasanya lebah (lebah pekerja) seringkali menyengat orang. Oleh karena itulah maka lebah sangat ditakuti orang. Namun sebenarnya lebah tidak segera menyengat begitu saja, kecuali dalam keadaan terpaksa, karena menyengat itu akan membawa maut baginya.

Dalam keadaan bagaimanakah lebah itu baru menyengat orang?
Lebah tidak menyukai warna hitam, juga bau minuman keras, bawang, brambang dan sebagainya, maka apabila Anda mendekatinya dengan mengenakan pakaian berwarna hitam, atau bila mulut Anda berbau arak, bawang atau berambang, anda akan menanggung resiko disengat olehnya. Selain itu, seperti halnya dengan binatang lainnya, lebah mempunyai naluri atau insting membela diri, maka jika Anda memukulnya, mungkin Anda akan disengatnya juga.

Mengapa lebah itu mati setelah menyengat?

Di tembereng terakhir pada badan belakang lebah pekerja terdapat sebuah lubang tempat tersembunyinya alat menyengat. Sengat itu runcing sekali dan mempunyai banyak kait, dan pipa sengat itu berlubang di dalamnya. Di dalam badan belakang lebah itu terdapat sebuah kelenjar bisa yang dapat mengeluarkan cairan berbisa yang dialirkannya melalui lubang sengat ke dalam luka yang ditimbulkan oleh sengatan tadi. Bisa itu menimbulkan rasa sakit di dalam luka. Waktu sengat itu ditarik ke luar sehabis menyengat, alat itu akan terkoyak dari badan belakang dan bersamaan dengan itu sebagian jeroan atau isi perutnya pun ikut tertarik ke luar oleh karena kait sengat itu melekat demikian kencang dan eratnya dengan kulit manusia. Luka parah itu tidak dapat sembuh, dengan demikian lebah itu niscaya akan menemui ajalnya. Maka dari itu pada umumnya lebah tidak akan sembarangan menyengat orang. Akan tetapi, apabila lebah itu menyengat serangga yang berkulit keras sekalipun, sengatnya dapat ditarik ke luar dari luka yang ditimbulkannya dengan selamat.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...