Tuesday, April 19, 2011

MENGAPA LEBAH MADU SANGAT RAJIN?

Lebah madu (Apis indica) juga disebut tawon madu yang bersarang di liang pohon dan pandai membuat sarang madu. Satu sarang sering ditempati oleh ribuan lebah madu dengan seekor ratu saja. Bila ratu muda akan keluar dari telur, ratu tua pergi dengan sejumlah lebah pekerja untuk mendirikan negara baru. Lebah jantan membuahi ratu muda sambil terbang, kemudian mati.
    Lebah pekerja mengumpulkan madu dan serbuk, membersihkan dan mempertahankan sarang dan lain-lain. Justru lebah pekerja inilah yang sangat rajin dan berguna.

    Setiap kali lebah pekerja pergi mencari madu bunga, pasti sekujur badannya penuh ditempeli serbuk. Lalu, dalam perjalanan pulang, lebah itu sambil terbang menggunakan kaki depannya yang penuh ditumbuhi bulu keras itu untuk menyapu serbuk tadi dan diserahkan kepada sepasang kaki di bagian tengah. Sepasang kaki di bagian tengah itu lalu menyapu serbuk yang menempel di dadanya untuk bersama serbuk yang diterimanya dari kaki depan tadi dioperkan lagi kepada kaki belakang. Setelah itu barulah kaki belakang lebah mengumpulkan serbuk dalam suatu tempat lekuk, alat pembawa serbuk. Dengan demikian, maka ketiga pasang kaki lebah tadi telah sama-sama menyelesaikan tugasnya dalam pengumpulan serbuk.

    Lebah madu merupakan pelaksana penyerbukan dan penghasil madu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...