Tuesday, April 19, 2011

BAGAIMANA LEBAH BISA MENGENALI BAU?

Banyak warna-warni bunga yang indah menghias tanah rerumputan yang hijau. Lebah pun beterbangan ke sana ke mari, sibuk mengumpulkan nektar.
    Dengan bantuan apakah lebah dapat mencium bau nektar yang wangi itu?
    Ternyata ketika lebah terbang mendekati sekuntum bunga yang harum semerbak dengan “hidung”-nya yang tajam ia dapat membedakan bau, bisa menentukan bunga mana yang wangi dan mana yang tidak. “Hidung” lebah terletak di atas dua tanduk perasanya yang tumbuh di bagian atas kepala. Ke mana saja lebah terbang, kedua sungut tersebut bergerak terus tanpa henti-hentinya. Gejala tersebut menandakan bahwa lebah itu sedang sibuk “menciumi” bau!
    Setelah berulangkali diadakan penelitian oleh para ahli ilmu serangga, dapat diketahui bahwa tanduk perasa lebah itu mempunyai banyak lekuk kecil yang berlainan bentuknya – di dalam sebagian lekuk kecil itu terdapat ujung saraf pembau. Tatkala bau wangi bunga merangsang ujung saraf pembau tersebut dengan segera lebah dapat mencium bau wangi.
    Menurut penelitian ilmiah, indera pembau seekor lebah dapat membedakan bau wangi dari 40 jenis bunga yang berlainan. Dan ini sungguh sesuatu yg mengagumkan.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...