Thursday, April 21, 2011

CARA MENDETEKSI KEBOHONGAN

Ada banyak cara untuk melihat apakah seseorang sedang berbohong atau tidak melalui bahasa tubuhnya. Anggota kepolisian dan keamanan yang berpengalaman biasanya menggunakan isyarat-isyarat bahasa tubuh ini untuk menangkap penjahat selama proses interogasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang rata-rata berbohong selama empat menit setiap hari. Mereka mungkin tidak menyadari melakukannya dan barangkali hal ini sudah merupakan reaksi bawah sadar.

Salah satu tanda terbesar bahwa seseorang sedang berbohong adalah mereka menghindari kontak mata selama pembicaraan berlangsung. Mereka juga terus-terusan menyentuh wajah mereka, seringkali mereka menutup mulut mereka dengan tangan. Menyentuh atau menggaruk hidung juga konon merupakan tanda pengalihan perhatian untuk menutupi kebohongan. Seseorang yang sedang berbohong akan mencoba membuat perhatian Anda terpusat pada gerakan-gerakan tubuh mereka ketimbang pada perkataan yang mereka ucapkan.

Ketika seseorang berbohong, ekspresi fisik mereka seringkali kaku dan terbatas. Jika seseorang tersenyum ketika berbohong, hanya mulutnya yang akan bergerak.  Senyum yang sesungguhnya secara tak disadari akan mengakibatkan bergeraknya mulut, mata, wajah, pipi, dan rahang.

Gerakan tangan, kaki, dan lengan si pembohong diarahkan menuju ke tubuhnya sendiri; pembohong hanya membutuhkan ruang yang sempit. Bahasa tubuh pembohong tidak terbuka. Pembohong tampak tidak santai meskipun mereka berusaha menunjukkan kesan bahwa mereka santai.

Ketika seseorang berbohong, ia memiliki banyak cara untuk mengalihkan perhatian Anda dari kebohongannya. Pembohong akan berjalan-jalan dalam ruangan dan meletakkan benda-benda antara dirinya dengan Anda, semisal sebuah buku atau cangkir kopi. Seorang pembohong akan merasa tidak nyaman menghadapi atau menatap langsung ke arah Anda dan akan memutar kepala dan tubuhnya menjauh dari Anda. Seorang yang jujur akan bersikap ofensif, sementara orang yang bersalah akan bersikap defensif.

Ketika sedang menjelaskan sesuatu, seorang pembohong akan membuat percakapan itu lebih rinci daripada yang diperlukan. Ia tidak akan merasa nyaman jika ada jeda atau kesunyian. Orang yang berbohong akan berkata-kata dengan suara pelan atau dengan kata-kata yang tidak jelas. Meskipun demikian, seorang pembohong yang ahli bisa saja berbicara secara langsung dan penuh rasa percaya diri; orang-orang yang menjual barang dari pintu ke pintu biasanya ahli dalam teknik seperti ini.

Jika Anda curiga bahwa seseorang sedang berbohong, ubahlah topik pembicaraan secara mendadak.  Pembohong akan dengan senang hati mengubah topik pembicaraannya dan menjadi lebih santai. Seseorang yang jujur akan merasa kebingungan akan perubahan yang mendadak itu. Tanda lain bahwa seseorang sedang berbohong adalah menguap. Seorang pembohong akan mencoba untuk tampak sesantai mungkin dan menguap atau merenggangkan anggota tubuh adalah salah satu cara untuk melakukan hal itu.

(diterjemahkan dari wisegeek.com)

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...