Tuesday, April 19, 2011

APAKAH RACUN LEBAH MEMATIKAN?

Lebah madu (Apis mellifera) adalah sahabat umat manusia. Sedikit sekali yang dituntut dari umat manusia, sebaliknya banyak sekali yang diberikan oleh mereka. Namun demikian, orang yang pernah disengat lebah madu pasti akan mengakui keampuhannya. Pada ujung perut setiap lebah madu terdapat sengat yang berkait. Dari situlah racun lebah disalurkan ke luar. Meskipun toksitas racun lebah madu tidak terhitung paling tinggi, namun setelah disengat olehnya, kulit orang bisa segera membengkak merah dan sakit bagaikan terbakar. Itu saja cukup membuat orang tidak enak badan selama beberapa hari.

    Bilamana Anda kurang berhati-hati, melanggar sekelompok lebah madu, segeralah ratusan lebah akan datang menyerang Anda. Saat demikian adalah yang paling berbahaya. Racun lebah dalam jumlah besar akan disengatkan ke dalam tubuh Anda dan dapat menimbulkan berbagai gejala rumit dalam susunan pembuluh darah jantung sehingga pernapasan mengalami kesulitan. Anda dapat menjadi pucat pasi karenanya dan bila tak tertolong, akhirnya dapat menimbulkan kelumpuhan pada pusat pernapasan dan mengakibatkan kematian.

    Yang aneh ialah peternak lebah tiap hari berurusan dengan lebah madu dan seringkali disengat, namun sedikit sekali di antara mereka yang mengidap rematik. Setelah diadakan penelitian, barulah diketahui bahwa hal itu adalah efek yang mengherankan dari lebah madu.

    Begitulah, lebah madu kemudian digunakan secara luas dalam penyembuhan penyakit rematik, neuralgia, dan juga penyakit kulit, malaria, dan lain sebagainya.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...