Thursday, April 21, 2011

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN DUNIA PARALEL?

Parallel universes atau dunia/semesta paralel, juga disebut dengan meta-universes atau multiuniverses, merupakan sekelompok semesta kembar teoretis yang ada dan berlangsung pada saat yang bersamaan dengan semesta kita. Dunia paralel konon merupakan variasi dari realitas kita, jadi semua hal berlangsung pada saat yang bersamaan namun dengan realitas yang berbeda. Gagasan mengenai dunia paralel tidak hanya terbatas pada ranah fiksi ilmiah semata; filsafat, fisika, dan bahkan teologi memiliki penjelasannya masing-masing mengenai mengapa ada dunia paralel dan bagaimana dunia paralel itu bekerja. Dunia paralel sudah seringkali dipakai dalam kisah-kisah fiksi atau tayangan-tayangan televisi untuk menjelaskan terjadinya fenomena-fenomena yang aneh.

Mekanika kuantum, ilmu yang berupaya menjelaskan fenomena-fenomena yang tidak bisa dijelaskan oleh hukum fisika dan hukum alam klasik, telah meneliti dunia paralel sejak tahun 1956. Fisikawan Amerika Hugh Everett pertama kali merumuskan gagasan dunia paralel untuk menjelaskan teori yang menyatakan bahwa setiap kemungkinan yang terjadi dari setiap pilihan yang diambil memang benar-benar terjadi. Jika di semesta ini Anda memilih jalur A, Anda yang lain akan memilih jalur B di dunia paralel.

Yang menjadi perdebatan seru adalah soal di mana dan bagaimana dunia paralel itu berada. Beberapa ahli mengatakan bahwa meta-universes berada dekat dengan dunia kita. Begitu dekatnya sehingga hantu-hantu yang kita lihat kemungkinan tidak lain dari orang-orang dari dunia paralel itu yang entah bagaimana tersasar ke realitas kita. Postulat lainnya mengatakan bahwa dunia paralel berada jauh di luar galaksi terjauh. Teori ketiga mengatakan bahwa dunia paralel berada di dimensi yang berbeda, entah lebih rendah atau pun lebih tinggi dari dunia empat dimensi yang kita tempati saat ini.

Meskipun gagasan tentang dunia paralel kedengarannya luar biasa, semakin banyak ilmuwan yang mempercayai gagasan bahwa alam semesta ganda berada dekat sekali dengan kehidupan kita. Sebuah teori baru yang mengejutkan saat ini sedang diteliti di beberapa universitas ternama di dunia. Teori ini mengatakan bahwa Ledakan Besar sebenarnya bukanlah merupakan permulaan alam semesta. Saat ini beberapa ilmuwan mengklaim bahwa ledakan besar yang selama ini kita anggap sebagai asal usul alam semesta boleh jadi sebenarnya adalah hasil tabrakan dua alam semesta yang kemudian menghasilkan munculnya sebuah alam semesta yang baru. Teori yang revolusioner ini dipandang serius oleh para ilmuwan mekanika kuantum dan sampai saat ini menjadi sumber perdebatan yang hangat.

(diterjemahkan dari wisegeek.com)

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...