Thursday, February 23, 2012

BENARKAH ALAM SEMESTA BERPUTAR?

Saat ini, sebagian besar astronom akan mengatakan bahwa alam semesta tidaklah berputar. Belum diketahui apakah ada mekanisme yang dapat menghasilkan momentum anguler sedemikian rupa sehingga memicu alam semesta untuk berputar atau beredar, dan mekanisme-mekanisme yang akan membuat alam semesta terus berputar.
    Untuk mengetahui apakah alam semesta memang berputar pada peredarannya, para ilmuwan harus terlebih dahulu mengetahui kecepatan jutaan galaksi di seluruh wilayah angkasa dan menjelajahi angkasa luar. Analisis-analisis kecepatan akan diperlukan untuk melihat apakah ada hasil analisis yang menunjukkan satu pusat umum yang membuat galaksi-galaksi tersebut berputar, dan bagaimana arah peredarannya.
    Karena mungkin masih lama sebelum kecepatan jutaan galaksi diketahui, para ahli astronomi mencoba menjawab pertanyaan yang lebih sederhana: apakah ada ruang-ruang luar angkasa yang menjadi pusat arah dimana sejumlah besar galaksi bergerak sebagai suatu kelompok?

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...