Sunday, December 18, 2011

MENGAPA NYAMUK BERTERBANGAN DI WAKTU MAGHRIB?


Waktu senjakala kita sering melihat nyamuk beterbangan di bawah cucuran atap rumah, segerombol demi segerombol, bukan main riuh rendahnya suara dengungan mereka; adakalanya juga waktu kita jalan-jalan di rerumputan, kawanan nyamuk beterbangan kian kemari di atas kepala dan bergerak mengikuti jalan kita.
Sesungguhnya kawanan nyamuk itu sebagian besar adalah nyamuk jantan, walau di antaranya terdapat juga nyamuk betina, tetapi tidak banyak jumlahnya. Kawanan nyamuk kawin di udara untuk mengembangbiakkan keturunannya.
Perkawinan nyamuk kebanyakan dilakukan waktu mereka beterbangan di udara dan penerbangan itu ada kaitannya dengan cahaya, bunyi, ruang, dan tempa. Sebagian nyamuk terbang waktu matahari tenggelam atau tatkala matahari terbit dan tidak akan terbang waktu hari terang benderang. Umumnya penerangan cahaya 1-10 lilin paling cocok untuk nyamuk. Nyamuk silau terhadap cahaya yang terlampau terang, juga tidak menyukai keadaan yang gelap sekali. Penerangan itu rupanya tidak terpengaruh oleh panjang-pendeknya gelombang sinar, namun ada sangkut pautnya dengan warna: warna hijau lebih menguntungkan mereka daripada warna merah.
Adapun nyamuk itu mengeluarkan suara yang tertentu waktu terbang, dan lain nyamuk lain pula suaranya. Suara terbang nyamuk jantan dan nyamuk betina pun tidak sama. Suara terbang nyamuk betina dapat memikat nyamuk jantan untuk datang terbang bersama-sama.
Di samping itu, masing-masing nyamuk memilih tempat yang paling cocok untuk terbang. Misalnya nyamuk malaria (Anopheles), nyamuk-gigit (Culex), nyamuk demam berdarah (Aedes) lebih suka beterbangan di ruang yang agak luas; sedangkan nyamuk Aedes albopictus dan nyamuk Aedes yang banyak terdapat di Mesir tidak memerlukan ruang yang luas untuk beterbangan sambil kawin. Ada pula nyamuk yang suka beterbangan di atas benda tertentu, misalnya ada sejenis nyamuk Anopheles yang gemar beterbangan dalam jarak 30-60 cm di atas tahi lembu yang masih basah. Misalnya pula, nyamuk Culex, yaitu sejenis nyamuk rumah yang sering kita lihat, suka beterbangan di sekitar cucuran atap rumah.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...