Thursday, April 21, 2011

SIAPAKAH SHERLOCK HOLMES?

Sherlock Holmes adalah salah satu tokoh fiksi paling populer dan paling terkenal sepanjang zaman. Sebagai seorang detektif yang brilian dan eksentrik, Sherlock Holmes pertama kali muncul dalam cerita-cerita dan novel-novel karya Sir Arthur Conan Doyle di akhir tahun 1800an, bersama-sama dengan sahabat kental dan penulis biografinya, Dr. John H. Watson, yang juga bekerja sebagai seorang dokter. Tinggal bersama-sama di 221B Baker Street London, Sherlock Holmes, dengan bantuan Dr. Watson, memecahkan kejahatan-kejahatan yang tidak bisa diatasi oleh polisi, dengan dibantu penegak hukum seperti Inspektur Lestrade dari Scotland Yard. Dalam menegakkan keadilan, mereka tidak menerapkan metode-metode yang melanggar hukum seperti melanggar wilayah pribadi ataupun mencuri.

Sherlock Holmes mengerjakan kasusnya secara forensik, memeriksa detil tempat kejadian perkara, dan menanyai klien-kliennya untuk memperoleh informasi, lalu menerapkan sebuah metode tertentu untuk membuat deduksi mengenai bukti kejahatan. Meskipun Conan Doyle memanfaatkan kekuatan deduksi Holmes untuk memikat klien dan pembacanya, Sherlock Holmes sendiri meyakini bahwa dirinya memecahkan kasus secara ilmiah dan orang lain harus menggunakan pendekatan yang sama: “Kamu tahu metode saya. Gunakanlah!”, katanya kepada Dr Watson dalam The Hound of the Baskervilles.

Selain The Hound, beberapa kisah Sherlock Holmes yang terkenal antara lain The Sign of the Four, A Study in Scarlet, The Red-Headed League,dan A Scandal in Bohemia. Empat novel mengenai Holmes diterbitkan secara tersendiri, tiga di antaranya berupa serial dan kisah-ksiahnya dikumpulkan ke dalam lima antologi.

Sejumlah aktor telah ditantang untuk memerankan Sherlock Holmes sejak penggambaran pertamanya di awal abad keduapuluh. Mereka yang memerankan Sherlock Holmes dalam sebuah serial antara lain Eille Norwood di tahun 1920, Basil Rathbone di tahun 1940 dan 1950, Peter O’Toole di tahun 1980, dan Jeremy Brett di tahun 1980 dan 1990an serta John Cleese, Peter Cook, Christopher Plummer, Roger Moore, Nicol Williamson, Frank Langella, Ian Richardson, Christopher Lee, dan Jonathan Pryce. Dari tahun 1914-1923 dan 1967-1994, setidaknya ada satu acara televisi atau film yang kisahnya berkisar mengenai Sherlock Holmes yang diproduksi baik berupa dramatisasi, parodi, saduran, perluasan, maupun adaptasi dari cerita Conan Doyle tersebut.

(diterjemahkan dari wisegeek.com)

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...