Thursday, April 21, 2011

BAGAIMANA CARANYA BISA BANGUN PAGI?

Mungkin Anda bukan termasuk jenis orang yang suka bangun pagi. Jika itu jadi masalah, tenang saja, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang sulit untuk bangun tepat waktu. Ada beberapa alasan mengapa orang terlambat bangun, namun yang paling sering adalah karena mereka tidak langsung bangun ketika sudah seharusnya mereka beranjak dari tempat tidur. Jauh lebih gampang menekan tombol tunda pada alarm Anda dan memutuskan tidur beberapa menit lagi.

Salah satu cara terbaik untuk memastikan Anda bangun tepat waktu adalah dengan sama sekali tidak menggunakan tombol tunda. Biasakan terbangun segera setelah alarm berbunyi. Untuk membantu Anda terbangun tepat waktu, letakkanlah jam jauh-jauh dari tempat tidur Anda sehingga Anda tidak punya pilihan lain selain bangun dan mematikan alarm. Sekali Anda sudah keluar dari tempat tidur, jangan kembali lagi ke tempat tidur itu.

Jika Anda tidak segera mendengar alarm jam Anda, mungkin Anda perlu membeli yang baru yang bersuara lebih keras dan lebih mengganggu sehingga Anda tidak akan mudah memutuskan untuk terus tertidur. Anda bahkan mungkin harus mengeset dua alarm untuk menjamin Anda bangun tepat waktu. Jika Anda melewatkan alarm pertama, alarm kedua akan menggantikannya.

Anda bisa meminta seorang teman atau pacar Anda untuk membangunkan Anda melalui telepon. Jika Anda mengenal seseorang yang bisa bangun di waktu Anda seharusnya juga bangun, mintalah ia menelepon Anda di pagi hari untuk memastikan bahwa Anda sudah bangun. Letakkan telepon di tempat yang membuat Anda harus terbangun dari tempat tidur jika akan menjawabnya. 

Akan juga membantu jika Anda cukup tidur. Semakin letih Anda, maka semakin kecil kemungkinan Anda akan bangun tepat waktu. Banyak orang yang suka begadang, tapi cobalah tidur lebih awal setengah jam saja, maka hal ini akan mengakibatkan perbedaan. Juga membantu untuk melakukan sesuatu yang tenang dan menenangkan sebelum mencoba untuk tidur, misalnya membaca.

Dalam beberapa kasus, ada keadaan yang diluar kendali kita.  Akan sulit bangun tepat waktu jika ternyata alarm jam Anda tidak berbunyi. Jika Anda tinggal di daerah yang sering mati listrik, khususnya selama musim cuaca yang buruk, masuk akal jika Anda membeli sebuah jam alarm listrik dengan cadangan batere. Periksalah batere itu secara teratur dengan menggunakan tanggal atau peristiwa tertentu sebagai pengingat. Tidur larut adalah sebuah kebiasaan yang berkembang seiring waktu. Begitu pula dengan bangun tepat waktu. Anda bisa mengganti kebiasaan lama dengan kebiasaan baru.

(diterjemahkan dari wisegeek.com)

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...