Thursday, April 21, 2011

SEBERAPA SERING HARUS MENGGANTI SPREI?

Ada perdebatan mengenai berapa kali seharusnya kita mengganti sprei. Beberapa survey yang dilakukan selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa mayoritas orang mengganti sprei mereka antara seminggu sekali sampai sebulan sekali. Sebagian besar orang merekomendasikan penggantian sprei dilakukan setidaknya setiap dua minggu dan beberapa orang mungkin perlu menggantinya lebih sering lagi, bergantung pada kebutuhannya.

Kita melepaskan sel kulit sepanjang waktu dan pada malam hari kita melepaskannya di tempat tidur kita. Sayangnya sel-sel kulit itu adalah makanan tungau dan jika Anda alergi terhadap tungau, maka Anda harus menjaga jumlah sel kulit yang lepas di tempat tidur itu agar tetap sedikit. Beberapa orang bahkan memiliki alergi yang ekstrim dan benar-benar harus mengganti sprei tempat tidur mereka sekali sehari. Sebagian besar ibu bisa melakukannya sekali seminggu, jumlah rata-rata penggantian sprei jika Anda mempekerjakan seorang jasa pembersih.

Jelas, semakin cepat kotor sprei tempat tidur kita harus menggantinya lebih cepat. Orang-orang yang sering keringatan di malam hari, atau anak-anak yang sering ngompol harus diganti spreinya secepat mungkin. Karena butuh waktu untuk mencuci dan membersihkan sprei, direkomendasikan Anda memiliki setidaknya tiga sprei untuk satu tempat tidur. Dengan begitu Anda bisa memiliki satu persediaan jika terjadi penggantian yang mendadak, satu terpasang, dan satu lagi yang sedang dicuci. Anda mungkin harus punya lebih banyak lagi seandainya sering telat mencuci.

Jika Anda tidak memiliki alergi yang parah terhadap tungau dan sprei Anda tidak terlalu kotor, maka tidak masalah jika Anda menunda penggantian sprei. Ada banyak orang yang hanya mengganti sprei mereka dalam waktu beberapa minggu atau bahkan sekali sebulan, dan ada juga orang-orang yang disurvey itu yang tidak menggunakan sprei sama sekali. Sebenarnya salah jika tidak menggunakan sprei atau tutup kasur sama sekali sebab akan meningkatkan jumlah tungau di kasur dan mengurangi usia kasur itu sendiri. Tidak akan terlalu mahal untuk memiliki tiga atau dia buah sprei jika Anda membandingkannya dengan harus sering mengganti kasur Anda.

Pertanyaan lain yang berkaitan dengan ini adalah seberapa sering Anda harus mengganti selimut Anda. Beberapa orang merekomendasikan untuk mengganti semua penutup tempat tidur Anda sekali seminggu, namun banyak orang yang mereasa kesulitan jika harus mengganti semuanya sekaligus. Jika Anda memiliki alergi namun merasa sulit jika harus mengganti semua penutup di tempat tidur itu sekali seminggu, pertimbangkanlah untuk memakai selimut yang lebih ringan yang lebih mudah dicuci.

(diterjemahkan dari wisegeek.com)

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...