Tuesday, April 19, 2011

SEBERAPA BANYAK JENIS LEBAH DI BUMI INI?

Berdasarkan penelitian, ada sekitar 30.000 spesies lebah yang ada di muka bumi ini. 16 ribu di antaranya telah diteliti dan diselidiki. Sebagian besar keragaman spesies lebah berada dalam lingkungan kering atau semi kering yang bercuaca hangat. Hampir di semua permukaan bumi bisa ditemui lebah, kecuali di daerah kutub utara, kutub selatan, pegunungan-pegunungan yang sangat tinggi, serta di pulau-pulau terpencil yang berada di tengah-tengah samudera.

Lebah pun memiliki bentuk, ukuran, warna, dan cara hidup yang berbeda-beda tergantung spesiesnya. Ada lebah-lebah yang hidup sendiri (soliter), ada pula lebah yang hidup berkelompok dalam koloni-koloni (lebah sosial). Ukuran lebah yang paling kecil adalah sekitar 2mm dan yang terbesar adalah sekitar 4 cm. Warna lebah pun bermacam-macam. Ada lebah yang berwarna hitam, abu-abu, kuning, biru, merah sampai hijau.

Ada 11 keluarga lebah. Para ilmuwan membedakan mereka berdasarkan perbedaan kecil yang terletak pada lapisan sayap dan struktur halus pada bagian mulut dan karakteristik mikroskopis lainnya. Meskipun begitu, lebah-lebah dalam setiap keluarga memiliki fitur-fitur tampilan yang menarik lainnya, termasuk ukuran mereka, perilaku bersarang dan mengumpulkan makanan, dan tampilan tubuh yang mudah dilihat seperti bulu tubuh, panjang lidah, dan bentuk struktur pengangkut pollen.

Lebah-lebah Cellophane adalah lebah-lebah yang relatif tidak berbulu dengan lidah yang pendek dan bercabang dua. Dibandingkan dengan lebah-lebah lain mereka lebih menyerupai ngengat; oleh karenanya mereka dipandang sebagai lebah yang paling primitif. Mereka mendindingi lorong sarang dan sel-sel larval (kamar-kamar untuk lebah muda) mereka dengan semacam ludah yang dikeraskan ke dalam membran yang berbentuk seperti cellophane. Mereka membawa pollen pada bulu-bulu kaki mereka atau secara internal dalam keranjang yang seperti perut. Lebah-lebah penambang (mining bees) adalah sekelompok besar lebah yang membuat sarang tanah yang terbuat dari ruang-ruang yang bercabang-cabang, yang setiap cabang itu berujung di satu atau lebih sarang. Mereka bersifat komunal juga soliter, hidup terpisah namun sarang mereka berdekatan. Mereka membawa pollen pada bulu-bulu kaki dan tubuh mereka.

Sweat bees adalah lebah yang umumnya berukuran kecil dan berwarna gelap dengan bulu-bulu yang kecil. Mereka juga biasanya bersarang di tanah dan bisa hidup dalam masyarakat yang di dalamnya lebah-lebah yang bersaudara saling membantu satu sama lain. Pollen dibawah pada wilayah yang berbulu dekat ujung kaki mereka dan pada bulu-bulu rambut mereka. Lebah-lebah Leafcutter dan lebah-lebah mason termasuk ke dalam keluarga lebah-lebah berlidah panjang yang memiliki bulu-bulu khusus untuk membawa pollen di bawah perut mereka. Mereka seringkali membuat sarang mereka dalam lubang-lubang yang telah ada sebelumnya dan bisa hidup dalam kelompok dari sarang-sarang tersendiri. Beberapa dari jenis ini berguna dalam pertanian untuk polinasi tanaman.

Lebah-lebah Digger adalah lebah yang memiliki bulu-bulu halus yang bisa terbang dengan cepat yang bisa bersarang di tanah secara soliter atau dalam kelompok sarang yang padat atau bisa menggali sarang pada kayu. Mereka memiliki lidah yang panjang dan merupakan leah-lebah yang merupakan polinator yang baik. Mereka membawa pollen pada wilayah berbulu dekat pertengahan kaki belakang. Lebah-lebah carpenter juga termasuk ke dalam keluarga lebah digger.

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...