Thursday, April 21, 2011

MENGAPA KULIT DARI ITALIA BEGITU TERKENAL?

Kulit dari Italia begitu terkenal di dunia, begitu juga berbagai produk yang dibuat dari kulit Italia itu, mulai dari sepatu hingga kain pelapis pada mobil. Karena beragamnya produk dari kulit Italia yang tersedia di pasar serta sangat mahalnya harga kulit Italia, beberapa orang jadi bertanya-tanya apa yang membuat kulit ini begitu unik dan apakah memang sepadan dengan harganya? Pembeda utama kulit Italia dengan kulit lainnya terletak pada kualitasnya. Para produsen kulit di negara Italia secara konsisten memproduksi produk-produk dengan kualitas yang amat tinggi, berkebalikan dengan produksi-produksi di wilayah lain di dunia yang kadangkala kualitas produksinya tidak stabil.

Kulit (leather) dibuat dengan mengolah kulit (hide) binatang melalui proses perawatan yang panjang. Orang-orang telah mengolah kulit selama ribuan tahun, dan negeri Italia telah terkenal akan produksi kulitnya selama berabad-abad. Kota Florence sangat terkenal akan produksi kulitnya dan di Milan, pusat gaya Italia, kulit Italia dipakai nyaris secara ekslusif oleh rumah-rumah mode eksklusif. Merk-merk Italia cenderung mendominasi dunia mode, sehingga kulit Italia erat kaitannya dengan kualitas, mode, dan selera yang tinggi.

Para produsen di Italia menggunakan berbagai sumber tenaga kerja sehingga sebagian besar proses produksi kulit dilakukan dengan tangan. Kulit-kulit mentah diperiksa secara seksama sebelum diolah dan hanya kulit mentah yang paling baiklah yang akan diterima. Selain itu, pengecekan kualitas dilakukan di setiap tahap pengolahan. Banyak produsen mengkhususkan diri pada kulit full grain – kulit dari lapisan teratas kulit mentah yang terkenal karena kelembutan dan kualitasnya. Para produsen di Italia cenderung memakai pewarna dan bahan kimia berkualitas tinggi dalam proses produksi mereka, sehingga menghasilkan produk-produk kulit yang awet dan tahan lama.

Kulit Italia tidak hanya mendominasi komunitas mode namun juga menjadi sebuah acuan dalam pembuatan mobil mewah. Banyak di antara produk untuk mobil mewah itu dibuat di Italia atau dibuat oleh perusahaan dari Italia. Selain itu, kulit Italia juga digunakan untuk perangkat furniture rumahan. Berkat budaya chic, ada orang-orang yang mau membayar mahal untuk produk-produk yang terbuat dari kulit Italia, terus menghidupkan pasarnya, dan mempromosikan penjagaan standar yang tinggi pada pabrik-pabrik yang memprosesnya.

Ada beberapa kontroversi mengenai teknik produksi kulit yang digunakan di Italia. Beberapa kritik menyatakan bahwa para produser mungkin saja melakukan kontrak dengan perusahaan-perusahaan di luar Italia untuk memproses kulit dan melakukan proses finishing di Italia sehingga kulit itu bisa dicap “Made in Italy”. Hal ini bisa saja menurunkan keseluruhan kualitasnya. Di Italia sendiri, beberapa produsen pernah dituntut karena mempekerjakan tenaga kerja ilegal dan membiarkan kondisi lingkungan kerja yang berbahaya untuk memotong biaya produksi. Ini merupakan masalah menahun di negara-negara yang memiliki hukum ketenagakerjaan yang keras, sebab para produser ingin menghemat uang selagi mereka mengandalkan daya tarik produk yang berasal dari negara atau wilayah tertentu.

(diterjemahkan dari wisegeek.com)

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...