Thursday, April 21, 2011

BAGAIMANA CARANYA AGAR LEBIH PRODUKTIF?

Kadangkala Anda mungkin merasa bahwa diri Anda tidak cukup produktif. Jika Anda merasakan hal seperti itu, maka itu adalah pertanda awal Anda harus mengubah beberapa hal dalam hidup Anda dan mulai meningkatkan kecepatan irama hidup Anda. Hal ini tidak hanya berguna bagi pekerjaan yang sedang Anda tekuni saat ini namun juga akan memberikan manfaat yang berguna sepanjang hidup Anda. Agar Anda bisa lebih produktif, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, beberapa di antaranya mungkin memerlukan tekad yang kuat dan lumayan menguras energi.

Ketika Anda merasa lesu, Anda tentu tidak ingin melakukan pekerjaan atau apapun yang membutuhkan tenaga. Setelah makan makanan junk food, banyak orang cenderung merasa lebih lemas dibandingkan setelah mereka makan makanan yang lebih menyehatkan. Jika Anda ingin lebih produktif, cobalah untuk makan makanan yang menyehatkan sehingga bisa memberikan tambahan energi bagi tubuh Anda. Sebagai contoh, cobalah mengkonsumsi selai kacang dan minum satu atau dua gelas air putih. Makanan ini akan memberikan tambahan energi yang dibutuhkan jika Anda ingin lebih produktif.

Ketika Anda ingin lebih produktif, Anda harus berusaha menata tugas-tugas Anda sehingga Anda bisa tetap berpikir jernih dan tidak merasa terlalu terbebani. Cobalah membuat semacam daftar tugas yang bisa membuat Anda mengetahui kemajuan yang telah Anda capai selama seharian. Buatlah daftar di malam hari sebelum Anda mengerjakan tugas-tugas itu di keesokan harinya. Selain itu, daftar tugas berguna agar Anda tidak lupa mengerjakannya. Usahakan menyelesaikan setidaknya tiga perempat dari tugas itu dalam waktu sehari dan di akhir pekan tinjau kembali daftar itu dan nilailah kinerja Anda selama sepekan.

Cara lain untuk menjadi produktif adalah melakukan tugas terberat dan yang paling menantang pertama kali di pagi hari. Hal ini akan mencegah Anda menunda-nunda pekerjaan atau tugas yang terasa menjengkelkan bagi diri Anda. Setelah menyelesaikannya tugas berat itu di pagi hari, maka jadikan pencapaian itu sebagai motivasi Anda dalam menyelesaikan tugas-tugas lainnya yang lebih enteng dan tidak terlalu membutuhkan banyak energi dan kerja otak sepanjang hari.

Ada beberapa kesempatan-kesempatan kecil dalam satu hari, yang jika dijumlahkan, akan menghasilkan waktu yang cukup banyak bagi Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Jika Anda memanfaatkan transportasi umum untuk berangkat maupun pulang kerja, cobalah menyelesaikan tugas-tugas kecil selama Anda berada dalam kendaraan itu. Pada saat Anda sedang menelepon dan telepon itu tidak terlalu penting, cobalah melakukannya sembari mengerjakan tugas-tugas rumah yang ringan dan ketika Anda sedang makan siang dan hari itu memiliki tugas untuk menelepon beberapa orang, lakukanlah panggilan itu sambil makan siang. Jika Anda bisa memanfaatkan kesempatan-kesempatan kecil itu, maka boleh jadi Anda bisa mendapatkan banyak waktu luang di sore hari.

Menjadi lebih produktif adalah hal yang bisa dicapai jika Anda memiliki tekad untuk melakukan beberapa perubahan dalam hidup Anda. Mencoba menganalisis penyebab sesuatu dan melakukan beberapa penyesuaian kecil tidak hanya akan bermanfaat bagi pekerjaan Anda namun juga bagi kehidupan Anda. Dengan beberapa upaya, Anda bisa menjadi seseorang yang lebih produktif dan bisa menyelesaikan segala sesuatunya dalam waktu yang singkat.

(diterjemahkan dari wisegeek.com)

Apa sih yang dimaksud dengan mamihlatinatapai?

Di siang yang panas, udara di dalam kamar terasa tak tertahankan. Padahal pintu dan jendela sudah dibuka lebar-lebar. Andi yang sedang berba...